Advertisement

Serangga penyengat yang umumnya hidup sebagai parasit binatang lain, termasuk serangga. Tabuhan yang dewasa meletakkan telurnya pada kulit atau di dalam tubuh inangnya. Telur ini kemudian menetas menjadi larva yang hidup sebagai ektoparasit (di luar tubuh) dan endoparasit (di dalam tubuh), sehingga mengakibatkan kematian inang. Larva ini tidak berkaki. Kepalanya sangat mereduksi. Hidupnya soliter atau berkelompok. Sarangnya menggantung, menempel, atau di dalam liang tanah, tergantung pada macam jenisnya. Umumnya di beberapa daerah istilah tabuhan masih disamakan dengan tawon, karena keduanya memiliki sengat. Berbagai jenis tabuhan berpotensi sebagai pengendali hama pertanian, seperti tabuhan yang menginfeksi ulat yang menjadi hama kubis, kelapa, kapas, dan pisang.

Beberapa jenis tabuhan dari suku Ichneumonidae sudah dimanfaatkan sebagai pengendali hayati terhadap ulat perusak, misalnya Cremastus sp. sebagai parasit ulat pisang Nacoleia dan Fislistina infera sebagai ektoparasit pupa Artona pada kelapa.

Advertisement

Tabuhan anggota suku Braconidae juga sangat berpotensi sebagai parasit hama. Contohnya, Apanteles dan Macrocentrus sebagai parasit ulat, Spatius sebagai parasit kumbang, Opius sebagai parasit Diptera, sedang Euphorus sebagai parasit kepik. Pada saat ledakan kepik Helopeltis, jenis tabuhan ini mampu mengendalikan hama sampai 50 – 80 persen.

Tabuhan dapat mengalami poliembrioni dengan menghasilkan dua atau lebih embrio dalam satu telur, sehingga dalam satu inang dapat hidup ratusan tabuhan parasit. Contohnya, sekitar 12 individu Macrocentrus homonae dapat menghuni satu kokon ulat ngengat Homona sp.

Tabuhan anggota suku Eurytomidae umumnya hidup sebagai pemakan tumbuhan dengan cara merusak biji atau membentuk gembol. Setiap jenis tabuhan membentuk gembol yang khas, sehingga dari bentuk gembol atau nyali ini dapat dideteksi jenis tabuhan pembuatnya.

Tabuhan anggota suku Trichogramatidae sangat dikenal sebagai parasit telur. Biasanya induk tabuhan ini meletakkan sejumlah telur di dalam telur inang. Lalu larvanya memakan isi telur. Ukuran tabuhan dewasanya bervariasi, tergantung pada ukuran telur yang dihuni.

Jenis tabuhan ini mampu berpartenogenesis. Akibatnya, perkembangannya sangat cepat, yakni hanya dalam 7-14 hari. Satu betina dapat menghasilkan 20 – 50 progeni. Salah satu jenisnya yang terkenal adalah Trichograma japonicum yang merupakan parasit penting pada telur penggerek padi dan tebu.

Klasifikasi Ilmiah. Tabuhan termasuk bangsa Hymenoptera. Contoh jenis suku Ichneumonidae adalah Fislistina infera; suku Braconidae Apanteles tirathabae, A. artonae, Bracon hebetor, B. lefroyi, Macrocentrus homonae; suku Chalcidae Brachymeria sp.; suku Eurytomidae Axinopsis javensis; suku Pteromalidae Pteromalus sp.; suku Eulophidae Elasmus brevicornis\ suku Encyrtidae Anasatatus sp.; suku Trichogramatidae Trichograma japonicum; dan suku Sphecidae Sphecius sp.

Incoming search terms:

  • pengertian tabuhan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian tabuhan