Advertisement

Suatu kelompok burung anggota alap- alapan yang bertubuh besar. Burung ini memiliki sayap panjang dan lebar yang menandakannya sebagai penerbang yang kuat. Ujung paruhnya melengkung dan tajam. Hampir seluruh kakinya yang besar ditumbuhi bulu. Jari kakinya yang berkuku tajam dipakai untuk mencengkeram mangsa yang ditangkapnya. Habitatnya tepi sungai, rawa, pantai dan hutan lebat yang berdekatan dengan air. Umumnya burung ini hidup menyendiri. Pada musim berkembang biak, tahunan hidup berpasangan di dalam sarangnya yang terbuat dari ranting kering dan rumput kering. Sarangnya diletakkan di puncak pohon yang rimbun dan terlindung dari gangguan hewan lain.

Matanya yang tajam sangat berguna dalam berburu mangsa. Ketika berburu ikan, burung ini melayang- layang di udara atau bertengger di atas pohon besar, sehingga tidak tampak oleh mangsa. Jika mangsa lengah, dengan cepat dan tanpa mengeluarkan suara, karena memiliki bu-lu-bulu yang halus, tabunan menukik ke bawah dan menangkap mangsa dengan mencengkeram, lalu membawanya terbang ke angkasa.

Advertisement

Burung jantan dan burung betinanya tidak dapat dibedakan, karena ukuran tubuh dan warna bulunya sama. Burung betinanya bertelur 1 – 2 butir. Telurnya berwarna putih kotor.

Tabunan Cokelat tersebar di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Himalaya, Hainan, Myanmar, Tenasserim, Semenanjung Thailand, Malaya, Laos, dan Tonkin. Panjang tubuhnya 60 – 69 sentimeter. Lebar sayapnya 42 – 52 sentimeter. Warna bulu kepala dan lehernya abu-abu, bulu dadanya abu-abu, sedangkan bulu pada bagian perutnya putih. Bulu sayap dan punggungnya berwarna cokelat, dan bulu ekornya berwarna gelap.

Tabunan Putih banyak adanya di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, India, dan Filipina. Panjang tubuhnya 70-73 sentimeter. Lebar sayapnya 35,4- 49,5 sentimeter. Bulu kepala dan lehernya berwarna abu-abu, sedangkan bulu dada bagian atasnya abu abu dengan sedikit warna cokelat. Bulu sayap dan punggungnya cokelat tua. Bulu pada bagian perut, paha, dan dasar ekornya berwarna putih, sedangkan ujung ekornya bergaris-garis hitam kecokelatan. Iris matanya kuning, paruhnya abu-abu, dan kakinya putih kekuning-kuningan.

Klasifikasi Ilmiah. Tabunan termasuk suku Accipitridae; nama ilmiah tabunan cokelat lcthyophaga nana dan tabunan putih /. ichthyaetus.

Advertisement