Advertisement

Olahraga bela diri dari Korea. Tae kwon-do berasal dari kata tae yang berarti kaki, kwon berarti kepalan tangan, dan do berarti seni. Jadi, tae kwon-do berarti seni tendangan dan pukulan. Sesuai dengan namanya, olahraga ini mengutamakan penggunaan kaki yang selalu siap menendang ke arah lawan; tangan digunakan untuk menangkis serangan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyerang lawan jika diperlukan.

Di Indonesia berkembang dua sistem tae kwon-do yang masing-masing berkiblat kepada badan dunia, yaitu ITF di Kanada dan WTF yang berpusat di Korea. Tetapi dengan berbagai upaya, kedua badan tersebut berhasil disatukan.

Advertisement

Pada awal tahun 1972, tae kwon-do sistem Kanada mulai dikembangkan di kota Medan oleh Choi II Sun, dibantu oleh Harno Umar, dan Makmur Leo. Kemudian olahraga ini berkembang di kota-kota lain, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Bersamaan dengan itu, mulai tahun 1972 berkembang pula sistem Korea. Seorang penggemar tae K won-do mendirikan perguruan tae kwon-do pertama di Indonesia, yaitu di Tanjung Priok. Tetapi pada waktu itu, karate mendapat tempat utama, sehingga untuk menjaga kelangsungan hidup, terpaksa olahraga ini melebur diri ke dalam perguruan karate Perkindo (Persatuan Karate Indonesia) dari aliran bu- dokan Indonesia. Kemudian, beberapa siswa senior Perkindo mengkombinasikan karate dengan tae kwon-do, sehingga terbentuk aliran kataido (karate tae kwon-do Indonesia).

Pada tanggal 1 Maret 1981, dalam Musyawarah N isional Tae kwon-do, terbentuklah organisasi yang menampung segala kegiatan cabang olahraga tae kwon-do tingkat nasional dengan nama Tae Kwon-do Indonesia.

Incoming search terms:

  • pengertian taekwondo
  • Apa Arti Under di Taekwondo

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian taekwondo
  • Apa Arti Under di Taekwondo