Advertisement

Pulau terbesar di Kepulauan Societe, Polinesia Perancis, Pasifik Selatan. Ibu kota sekaligus pusat pemerintahan dan pelabuhan utamanya, yakni Papeete, terletak di barat laut pulau Tahiti. Secara astronomis pulau ini terletak pada 17°49′ Lintang Selatan dan 149°25′ Bujur Barat. Panjang pulau 55 kilometer, lebarnya 25 kilometer dan luasnya 1.042 kilometer persegi.

Pulau ini terbentuk dari dua gunung berapi, yakni Gunung Orohena (2.235 meter) dan Tetufera (1.799 meter), dengan bagian tengah membentuk tanah genting, sehingga jika dilihat dari atas, pulau itu seolah- olah membentuk angka delapan. Wilayah pulau yang luas disebut Tahiti-Nui dan yang sempit disebut Tahi- ti-Iti. Pulau yang terkenal karena keindahan alamnya ini beriklim tropis dengan suhu terendah pada bulan Agustus 24°C dan suhu tertinggi 27°C pada bulan Maret. Curah hujan rata-rata tahunan 1.800 milimeter.

Advertisement

Penduduk Tahiti sekitar 95.604 jiwa (1977), yang sebagian besar merupakan penduduk asli Polinesia, dan sebagian kecil merupakan keturunan bangsa Perancis, Inggris, Amerika, dan Cina (penduduk minoritas terbanyak). Mayoritas penduduk beragama Kristen, meskipun ada beberapa yang beragama Budha dan Konghucu. Kebanyakan penduduk setempat tinggal di kota Papeete atau di daerah pantai. Bahasa resminya adalah bahasa Perancis, namun bahasa sehari-hari adalah bahasa Polinesia. Penduduk Tahiti sebagian besar tinggal di daerah pantai dan bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Tanaman utama di pulau ini adalah kelapa, taro, ubi jalar, sayuran, dan buah-buahan. Komoditas ekspor utamanya adalah kopra, vanili, dan hasil kerajinan tangan.

Pulau Tahiti mula-mula ditemukan oleh Kapten Samuel Wallis (1767), dan dua tahun berikutnya pulau ini disinggahi oleh Kapten James Cook (1769). Pada tahun 1842 pulau ini dan pulau sekitarnya menjadi wilayah kekuasaan Perancis. Pulau Tahiti kini telah berkembang menjadi daerah wisata kepulauan yang terkenal setelah Hawaii, dan mempunyai lima armada penerbangan internasional, dengan jalur penerbangan Paris, Honolulu, dan Selandia Baru, dan beberapa perusahaan pelayaran.

Advertisement