Advertisement

Adalah tahun Gereja. Gereja me-rayakan misteri dan sejarah keselamatan manusia dalam seri pesta dan peringatan yang tersebar selama 52 minggu atau satu tahun. Tahun Liturgi dimulai pada i minggu terakhir bulan November.

Ada dua arus yang mengalir bersama-sama dalam tahun Liturgi. Satu arus merayakan kehidupan Kristus sebagai Penebus dengan memperingati kejadian-kejadian penting dalam sejarah hidupNya dari waktu ke waktu atau dari peristiwa ke peristiwa, secara kronologis. Dalam kalender liturgi hal ini disebut lingkaran temporal (dari kata tempus yang berarti waktu). Termasuk di dalamnya adalah pesta kelahiran Kristus di masa Natal dan pesta kebangkitan Kristus di masa Paskah.

Advertisement

Arus kedua merayakan unsur-unsur penting sehubungan dengan-pribadi Kristus atau kekudusan Kristus. Dalam kalender liturgi hal ini disebut lingkaran sanctoral (dari kata sanctus yang berarti kudus). Termasuk di dalam lingkaran sanctoral adalah pesta Kristus Raja, Tritunggal, Tubuh dan Darah Kristus, Hati Kudus Yesus, dan juga pesta-pesta para kudus. Sebetulnya yang dirayakan oleh Gereja hanya satu: Keselamatan umat manusia oleh Kristus. Inti dari semua perayaan liturgi ini adalah Kristus sendiri.

Incoming search terms:

  • pengertian tahun liturgi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian tahun liturgi