Advertisement

Adalah ilmu pengetahuan militer yang dipergunakan dalam menggelar pasukan tempur dengan persenjataan beserta perlengkapannya dalam suatu pertempuran, baik dalam gelar penyerbuan maupun pertahanan.

Taktik militer berhubungan dengan strategi militer, tetapi antara keduanya sering kali dibedakan (lihat STRATEGI MILITER). Jenderal Sir Edward Hamley dari Kerajaan Inggris menjelaskan bahwa “… mandala perang adalah kawasan gelar bagi strategi militer, sedangkan medan tempur adalah kawasan gelar bagi taktik militer…”

Advertisement

Dalam kalangan ABRI terdapat pemahaman yang menyatakan: (1) strategi adalah cara mengaplikasikan kekuatan yang tersedia, apabila telah dimulai operasi untuk melaksanakan tugas yang telah ditentukan; (2) taktik adalah cara dan metode untuk mencapai keberhasilan di setiap operasi gerakan ABRI/Polisi, dengan menggunakan satuan-satuan tugas, serta sarana dan prasarana yang tersedia. Memang sering kali sukar membedakan kedua terminologi ini secara tegas, karena keduanya memiliki kaitan yang erat.

Di dalam realita gelarnya, lingkup gelar dan masalah operasi strategis dan taktis sering kali bertumpang tindih. Pemecahan terhadap hal ini sangat ditentukan oleh kemampuan dan pengalaman para panglima atau komandan yang mengemban tugas.

Formasi dan Gerakan Taktis. Dokumentasi tentang kegiatan-kegiatan militer Indonesia di masa lalu sangat kurang, kendatipun’diketahui adanya sejumlah panglima penting dalam kehidupan kuno militer Indonesia. Misalnya Mahapatih Qajah Mada, Panembahan Senopati, dan Fatahillah di;jaman awal penyebaran Islam di Indonesia.

Pertempuran Cannae (218 SM) antara balatentara Kartago di bawah Hannibal dan tentara Romawi adalah salah satu model gerakan taktis klasik yang menghasilkan pengepungan sempurna terhadap lawan yang berjumlah lebih besar. Gelar ini membagi kekuatan tempur menjadi tiga, yakni kekuatan utama di tengah, dan dua kekuatan di lambung kiri maupun kanan, pada lokasi yang tepat. Pengepungan ini sedemikian sempurna sehingga pasukan Hannibal dapat menewaskan 70.000 dari 85.000 prajurit musuhnya. Ini menunjukkan bahwa kekuatan yang lebih besar jumlahnya bukanlah jaminan kemenangan.

Incoming search terms:

  • mandala perang
  • apa yang di maksud mandala perang
  • arti operasi militer untuk perang
  • mandala perang adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • mandala perang
  • apa yang di maksud mandala perang
  • arti operasi militer untuk perang
  • mandala perang adalah