Advertisement

Adalah sekelompok penyakit anemia yang timbul karena pecahnya sel-sel darah merah. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan, dan lebih banyak ditemukan di daerah Laut Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara.

Bentuk ringannya, yaitu talasemia minor, biasanya tidak memberi gejala yang jelas. Gejala timbul nyata pada penderita talasemia mayor, yang sering disebut anemia Cooley. Kulit penderita menjadi kuning, karena tersumbatnya saluran empedu oleh batu empedu. Limpa sangat membesar, sehingga mudah diraba dari luar. Hiperaktivitas sumsum tulang menyebabkan penebalan tulang-tulang kepala, sehingga mengakibatkan bentuk wajah yang disebut wajah hemolitik. Gejala anemia kronis muncul bila kadar hemoglobin yang rendah tidak segera diatasi dengan transfusi.

Advertisement

Pada bentuk yang berat, pengobatan yang memberi pertolongan cepat adalah transfusi darah. Namun karena penyakit ini berlangsung seumur hidup, pemberian transfusi darah pada anak dijaga agar tidak terlalu sering. Pemberian transfusi yang terlalu sering akan mengakibatkan penimbunan zat besi di dalam jaringan. Talasemia minor biasanya tidak perlu diobati.

Advertisement