Advertisement

Terletak di wilayah Kecamatan Kempo dan Kilo, Kabupaten Dompu, dan wilayah Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kawasan hutan Tambora berbukit sampai bergunung dengan lereng- lereng yang curam. Topografi yang datar sampai bergelombang berat terdapat di antara Pegunungan Tambora (utara) dan Pegunungan Ramu di bagian selatan. Kawasan ini memiliki iklim tipe D (Schmidt & Ferguson) dengan jumlah curah hujan 685 — 877 milimeter per tahun. Suhu udara 21° – 32°C.

Di kawasan taman buru ini hidup beraneka jenis satwa yang memungkinkan diadakannya kegiatan berburu binatang, seperti misalnya babi hutan. Kawasan yang berbukit dengan dataran sabana menciptakan suatu panorama alam yang cukup menarik.

Advertisement

Selain berburu, pengunjung dapat melakukan kegiatan lain, misalnya fotografi, rekreasi alam, serta penelitian. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah antara bulan April hingga November. Taman Buru Tambora Selatan dikelola oleh Subscksi PPA Bima, Subbalai Perlindungan dan Pelestarian Alam Nusa Tenggara Barat.

Advertisement