Advertisement

Suatu jenis mamalia yang aktif pada malam hari. Pada siang hari, binatang ini bergantung dengan keempat kakinya dengan kepala menghadap ke atas di cabang pohon. Marga binatang ini beranggota dua jenis, yakni yang hidup di Filipina selatan (Cynoeephalus volans) dan yang hidup di Indonesia bagian barat, seperti Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan sekitarnya.

Sebagian masyarakat menamakannya kubum Binatang ini sering dikacaukan dengan lemur teri’ ng, karena bentuk kepalanya hampir sama. Tando dapat melayang, namun tidak terbang seperti bajing ter-bang, dari satu pohon ke pohon lain yang jaraknya lebih dari 25 meter. Caranya, mula-mula binatang ini memanjat sampai ketinggian tertentu, lalu terjun dan melayang-layang sampai 50- 100 meter. Tando dapat melayang cukup lama dan dapat kembali kc tempat semula pada lokasi dan titik yang sama. Sekali-sekali, tando turun ke tanah; namun, untuk melayang lagi.

Advertisement

tando harus memanjat pohon dahulu. Untuk melaba jenis ini mempunyai selaput layang yang mem- juMitV— duri leher ke ujung kaki depan terus ke kasiJ bek’J ‘ c’an merentanS sampai ke ujung ekornya. Sela! layangnya berambut halus, walaupun agak ‘arang. Selaput layang ini amat berguna sebagai alat keseimbangan dan penentu arah ke tujuan.

Tando bercirikan tubuh berwarna keabuan dengan totol di bagian punggung. Warna tando jantan lebih terang daripada yang betina. Panjang tubuhnya 42 – 444 sentimeter dengan panjang ekor 17,5 – 27 sentimeter. Bobotnya seberat kucing, berkisar 1 -2 kilogram. Panjang telapak kakinya 6,5-7,3 sentimeter. Kukunya, yang sangat kuat, amat berguna untuk memar : pohon atau menggantungkan tubuh ketika is- tirah pada siang hari. Kepalanya cukup lebar dengan moncong tumpul. Matanya membuka lebar merah tua; ciri stereoskopik mata ini amat membantu untuk melihat di kegelapan.

Tando berkembang biak dengan melahirkan anak, biasanya satu anak pada setiap kelahiran. Masa kehamilannya 35 – 60 hari. Pada malam hari, kadang-kadang induk meninggalkan anaknya; namun, tidak jarang membawanya melayang-layang sambil mencari pakan. Begitu lahir anak tando masuk ke dalam kantung marsupial. Tando mempunyai ciri khas gigi seri baw berbentuk sisir, dan setiap sisir mempunyai 12 jari sisir.

Pakan tando daun, bunga kelapa, dan kuncup kelapa. Binatang ini sering dijumpai di hutan sekunder sampai ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, ada sekitar 12 jenis.

Klasifikasi Ilmiah. Tando termasuk suku Cynocephali- dae; nama ilmiahnya Cxnocephnhts variegatus.

Incoming search terms:

  • arti dari kata tando

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti dari kata tando