Advertisement

Atau perekam pita adalah peranti perekaman suara dan pemain ulang hasil rekaman dengan media pita magnetik. Pita magnetik yang digunakan untuk menyimpan rekaman suara terdiri atas partikel-partikel magnetik yang dilekatkan pada permukaan selaput bahan nonmagnetik.

Bagian-bagian penting perekam pita terdiri atas hulu perekam (recording head), hulu penghapus (erasing head), hulu pemain-ulang {playback head), pita magnetik, motor listrik, rangkaian osilator dan rangkaian penguat isyarat. Pada sistem perekaman, suara dari mikrofon atau peranti lain dikuatkan oleh penguat dan kemudian diberikan ke hulu perekam. Hulu perekam pada dasarnya adalah kumparan berinti besi yang berubah-ubah kemagnetannya apabila isyarat listrik yang diberikan kepadanya berubah-ubah. Perubahan kemagnetan hulu perekam (sesuai dengan variasi sinyal suara yang diterima mikrofon) akan terin- duksi ke pita magnetik. Selama proses pemagnetan ini, pita terus dijalankan oleh putaran motor listrik sehingga terbentuk pola magnetisasi sesuai dengan variasi sinyal suara sepanjang pita tersebut. Hulu penghapus ditempatkan sebelum hulu perekam dan berfungsi untuk memagnetkan pita magnetik yang berg^’ak di depannya dengan intensitas yang sama. Sumber kemagnetan hulu penghapus diperoleh dari isyarat yang dihasilkan oleh rangkaian osilator berfrekuensi lebih tinggi daripada frekuensi suara (di atas 20 kilohertz). Pada beberapa perekam pita, hulu penghapus dapat berupa batang magnet tetap. Hulu penghapus memagnetisasi pita magnetik dengan isyarat yang dihasilkan oleh rangkaian osilator. Isyarat yang dihasilkan oleh rangkaian osilator ini mempunyai frekuensi lebih tinggi daripada batas frekuensi dengar manusia (frekuensi dengar manusia kira-kira 20 – 20.UJ0 hertz). Akibat pemagnetan oleh hulu penghapus ini pita menjadi ‘bersih’ dari isyarat-isyarat yang tidak diinginkan. Pada proses main-ulang (play- bad), pita magnetik yang bergerak di depan hulu pemain-ulang akan menghasilkan variasi arus listrik pada ujung-ujung kumparan di dalam hulu pemain- ulang. Variasi arus listrik, yang terjadi sesuai dengan variasi kemagnetan pita magnetik, dikuatkan oleh rangkaian penguat dan kemudian diberikan kepada pengeras suara (loudspeaker) untuk diubah menjadi isyarat suara.

Advertisement

Hulu perekam, yang berfungsi mengubah arus listrik menjadi medan magnet, terdiri atas kumparan berinti besi berbentuk cincin atau segi empat dengan celah kecil pada ujung depannya. Jika arus listrik yang berasal dari mikrofon atau dari sumber lain diberikan pada hulu perekam (melalui ujung kumparan), inti kumparan menjadi termagnetisasi. Dalam batas-batas tertentu, semakin besar arus listrik yang diberikan, semakin besar pula intensitas magnetisasi. Jadi, variasi arus listrik menimbulkan variasi medan magnet di sek i ling kumparan.

Pita magnetik merupakan plastik tipis berbentuk pita dengan partikel-partikel magnet di permukaannya. Pada proses perekaman, apabila pita magnetik ini dilewatkan di depan hulu perekam, medan magnet pada hulu perekam akan terinduksi ke pita magnetik. Sebaliknya, pada proses main-ulang, gerakan pita magnet di depan hulu pemain-ulang akan menginduk- sikan medan magnet ke hulu pemain-ulang sehingga pada ujung-ujung kumparan di dalamnya akan terbangkitkan isyarat listrik.

Hulu pemain-ulang, yang terdiri atas kumparan berinti besi, mirip dengan hulu perekam, berfungsi mengubah medan magnet yang ditimbulkan oleh pita magnetik menjadi sinyal listrik. Pada kebanyakan pita perekam, hulu perekam dan hulu pemain-ulang ditempatkan dalam satu wadah (kadang-kadang memang hanya satu hulu dengan dua fungsi, yakni fungsi rekam dan main-ulang).

Hulu penghapus bekerja mirip dengan hulu perekam, yakni memagnetkan pita magnetik. Isyarat listrik yang digunakan untuk memagnetkan berasal dari rangkaian osilator berfrekuensi ultrasonik (di atas frekuensi suara) yang konstan amplitudonya. Magnetisasi oleh isyarat dari osilator ini menyebabkan terhapusnya sinyal yang ada pada pita magnetik. Hulu penghapus pada tape recorder buatan lama berupa batang magnet tetap.

Motor listrik digunakan sebagai peranti untuk menggerakkan pita magnetik, dan sekaligus meng-gulungnya pada kelos-kelos penggulung pita. Kecepatan pita pada perekaman ataupun pada saat main- ulang harus tepat sama agar suara yang dihasilkan sesuai dengan aslinya. Kebanyakan tape recorder dilengkapi dengan sistem penggulungan pita secara cepat untuk arah maju maupun arah balik. Pada proses penggulungan cepat ini motor berputar dengan kecepatan jauh lebih tinggi dibanding pada perekaman ataupun main-ulang.

Rangkaian Dsilator dan penguat isyarat merupakan rangkaian elektronika utama dalam perangkat perekam pita. Rangkaian osilator digunakan untuk membangkitkan isyarat berfrekuensi ultrasonik yang dimanfaatkan sebagai penghapus kemagnetan pita dan sebagai arus pemanjar (bias current) pada proses perekaman. Pada proses perekaman, arus pemanjar diberikan ke hulu perekam untuk mengurangi ketakli- nieran dalam magnetisasi pita magnetik. Penguat isyarat digunakan untuk menguatkan sinyal listrik yang akan diberikan kepada hulu perekam maupun yang diterima dari hulu pemain-ulang.

Macam-macam Perekam Pita. Bergantung pada bentuk wadah dan ukuran pita terdapat beberapa jenis perekam pita, yakni perekam pita untuk pita gulungan terbuka, pita kaset dan pita katrid (cartridge). Pita gulungan terbuka memiliki dua kelos pita, yakni kelos pelepas dan kelos penarik. Pita dari kelos pelepas ditarik dan digulung pada kelos penarik sambil dilewatkan di depan hulu penghapus, hulu perekam, atau hulu pemain-uhng. Pada proses perekaman, hulu penghapus menghapus isyarat yang telah ada pada pita magnetik sebelumnya sementara hulu perekam menginduksikan medan magnet ke pita magnetik. Pada saat itu hulu pemain-ulang tidak bekerja. Pada proses main-ulang, hulu perekam dan hulu penghapus tidak bekerja, sedangkan hulu pemain-ulang mendapatkan induksi medan magnet dari pita magnetik. Induksi ini menyebabkan ujung-ujung kumparan di dalam medan magnet menghasilkan arus listrik yang bervariasi sesuai dengan variasi kemagnetan pada pita magnetik. Pada perekam pita gulungan terbuka, hulu perekam terpisah dari hulu pemain-ulang. Berturut- turut, dari arah lintasan pita, terpasang hulu penghapus, hulu perekam dan kemudian hulu pemain-ulang. Dengan susunan itu dimungkinkan pemantauan isyarat hasil rekaman selagi melakukan perekaman. Pita kaset (lihat juga KASET) merupakan miniaturisasi bentuk pita gulungan terbuka. Kelos pelepas dan kelos penarik menggulung pita di dalam suatu rumah pita yang disebut kaset. Pita kaset sangat praktis digunakan karena tidak memerlukan penataan pita saat dipasang pada perangkat perekam pitanya. Mirip dengan pita kaset adalah pita katrid yang juga ditempatkan dalam suatu rumah pua. Bedanya adalah bahwa pita katrid secara otomatis akan kembali ke ujung awal setelah masa putarnya berakhir.

Perintis penggunaan media rekam magnetik adalah Valdemar Poulsen, yang pada tahun 1898 berhasil membuat kawat magnetik sebagai media rekam dan mendapatkan paten atas penemuannya itu pada tahun 1900. Poulsen mengembangkan suatu hulu perekam elektromagnetik untuk menerima isyarat dari pesawat pengirim telepon. Suatu kawat baja yang dilewatkan di bawah hulu tersebut akan termagnetisasi sesuai dengan variasi isyarat yang diterima. Dalam proses main-ulang, kawat baja yang telah termagnetisasi tersebut dilewatkan di bawah elektromagnet sehingga pada ujung-ujung kumparan elektromagnet dihasilkan isyarat listrik yang sama dengan isyarat yang direkamkan sebelumnya. Isyarat ini dapat didengar dengan pesawat penerima telepon. Perangkat yang kemudian disebut telegraf on ini selanjutnya kalah populer dengan perangkat reproduksi suara yang lebih baik, yakni fonograf atau gramofon (lihat GRAMOFON). Selanjutnya, riset mengenai penggunaan pita kertas (dan belakangan pita plastik) magnetik dilakukan secara intensif oleh Jerman. Tahun 1949, pita magnetik mulai umum digunakan sebagai media perekam suara musik.

Dewasa ini perekam pita masih sangat populer sebagai perangkat perekam yang paling praktis. Karena kelebihannya, yakni harganya yang murah dan kemungkinannya untuk digunakan merekam-mengha- pus berulang kali, sementara ini perekam pita belum menemui saingan yang berarti.

Incoming search terms:

  • pengertian tape recorder
  • fungsi tape recorder
  • tape recorder adalah
  • kegunaan tape recorder
  • Apa itu tape recorder
  • definisi tape recorder
  • pengertian recorder
  • arti tape recorder
  • apa yang dimaksud tape recorder
  • apa yang dimaksud dengan tape recorder

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian tape recorder
  • fungsi tape recorder
  • tape recorder adalah
  • kegunaan tape recorder
  • Apa itu tape recorder
  • definisi tape recorder
  • pengertian recorder
  • arti tape recorder
  • apa yang dimaksud tape recorder
  • apa yang dimaksud dengan tape recorder