Advertisement

Ikan laut yang bertubuh kecil dan gepeng. Warnanya putih kekuningan dengan empat jalur vertikal cokelat kemerahan atau oranye yang bertepi hitam dan putih, serta satu jalur berwarna hitam dengan tepi putih dan jingga. Jalur pertama muncul dari depan melalui mata sampai kerong-kongan; jalur kedua dari awal sirip punggung sampai sirip perut; jalur ketiga dari pertengahan sirip punggung sampai awal sirip anal; dan jalur keempat dari jari-jari lemah sirip punggung sampai jari-jari lemah sirip anal, lalu melebar meliputi kedua sirip tersebut. Jalur kelima terletak pada pangkal sirip ekor. Pada bagian belakang bawah sirip punggungnya, yang berjari-jari lemah, terdapat sebuah bulatan biru-hitam yang dikelilingi warna putih. Bulatan ini sering kali mengecoh predator yang mengira bahwa bulatan itu adalah mata ikan. Akibatnya, ikan ini dapat segera menghindar ketika predator menyergap. Ciri khas lainnya adalah letak mulut di ujung moncong yang kecil dan panjang; dan bentuk runcing rahang atas dan rahang bawah. Bentuk moncong seperti ini merupakan bentuk adaptasi ikan ini untuk mendapatkan makanan. Makanannya krustasea dan moluska kecil yang hidup di daerah koral. Karena itu, ikan ini mem-butuhkan moncong yang panjang dan runcing untuk mencungkil pakan dari koral. Ada kerabat ikan tapi acura yang mempunyai kebiasaan mengambil parasit dari tubuh ikan yang lebih besar; hubungan antar- organisme ini disebut mutualisme.

Tapi acura hidup di perairan hangat dan perairan yang banyak karang atau koralnya. Penyebaran iya meliputi Kepulauan Riau, Bangka, Lepar, Sumatra, Jawa, Bintang, Kepulauan Seribu, Kalimantan, Bawe- an, Adonara, Sulawesi, Ambon, Banda, Kepulauan Aru, dan Sorong. Selain itu, ikan ini juga dijumpai di Singapura, Papua Niugini, Mauritius, India, Malaysia, Pulau Condor, Filipina, Woodlarke, dan Australia Utara.

Advertisement

Panjang tubuh tapi acura dapat mencapai 17 sentimeter. Ikan ini disebut juga copper band butterfly fish (ikan kupu-kupu jalur tembaga), karena pada tubuhnya terdapat empat jalur berwarna tembaga (cokelat kemerahan); bentuk tubuhnya mirip kupu-kupu yang sedang beristirahat atau hinggap; dan cara berenangnya mirip kupu-kupu yang sedang terbang. Di samping itu, di Jakarta dan Malaysia, tapi acura dikenal dengan nama “kipper laut” dan kepe-kepe. Ada sekitar 45 jenis ikan kepe-kepe di perairan Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah. Tapi acura termasuk suku Chaetodon- tidae; nama ilmiahnya Chelmon rostratus.

Advertisement