Advertisement

Dalam psikologi pendidikan, adalah proses pendewasaan anak didik yang berkaitan dengan proses pengajaran. Taraf perkembangan berhubungan erat dengan masa perkenmbangan kognitif (pengetahuan) anak didik yang Pada akhirnya akan menyebabkan berubahnya tingkah la-p ku. Perkembangan mereka umumnya terbagi menjadij| dua taraf, yakni taraf perkembangan anak dan taraf

kembangan remaja Setiap taraf perkembangan dibagi hiei menjadi beberapa fase. Bila mengetahui Icarakt – tik tiap fase perkembangan, pendidik dapat menentukan apa dan seberapa banyak yang hendak diajarkan serta, yang lebih penting, memilih metode penyampaian materi.

Advertisement

Taraf perkembangan terdapat dalam berbagai model. Seperti dikemukakan oleh Hohn (1959). 18 orang penulis cerita anak-anak dan remaja menjabarkan adanya 61 taraf perkembangan anak yang berbeda, sehingga untuk setiap tahun perkembangan, ada berbagai anggapan yang bertolak belakang sebagai permulaan dan akhir suatu taraf perkembangan. Hal ini mena ikan bahwa pembagian taraf didasari oleh kriteria yang berbeda. Bagi Zeller dan St rat z, misalnya, perkembangan badaniah sangat menentukan. Hal tersebut oleh Hetzer dan Busemann juga dianggap sebagai titik orientasi, sedangkan Sigmund Freud lebih berorientasi pada perkembangan se….

Cara yang paling konsekuen dan didasari oleh metode ilmiah adalah pembagian perkembangan yang dilakukan Piaget. Ia mengutamakan perkembangan inteligensi, pemikiran, dan penalaran pada masa anak- anak. Piaget membedakan tiga stadium, yakni inteligensi sensomotorik, tindakan-tindakan konkret, dan tindakan-tindakan formal, yang masing-masing dijabarkan lagi menjadi berbagai fase. Dalam analisisnya mengenai cara-cara pembagian perkembangan anak yang berbeda, Bergius berpendapat bahwa tampaknya baru bisa dibuat pembagian taraf perkembangan yang jelas bila fakta yang terinci dapat diabaikan dan pandangan mengenai perkembangan anak dibatasi pada satu sudut pandang.

Advertisement