Advertisement

Merupakan tari tradisional yang dikenal pada hampir semua suku bangsa. Tari yang merupakan ekspresi jiwa mulai dikenal manusia sejak manusia mengenal kebudayaan. Sepanjang sejarah kehidupan manusia, hampir setiap suku bangsa yang ada di dunia memiliki tarian rakyat tertentu sebagai arena pergaulan sosial. Tarian ini diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Sebagian besar tarian rakyat sesungguhnya meru-pakan bentuk upacara adat, perayaan kegembiraan karena keberhasilan panen, dan upacara ritual per-sembahyangan. Tak jarang gerakan-gerakan pada tarian rakyat didasarkan pada kepercayaan yang mereka anut, dan diyakini mempunyai kekuatan magis. Namun pada sebagian suku bangsa tarian rakyat hanya merupakan tari pergaulan untuk lebih mempererat tali persaudaraan. Jenis tari ini biasa ditarikan untuk meramaikan peristiwa penting, termasuk acara pernikahan, acara sukaria karena panen yang berhasil, keberhasilan dalam usaha, dll.

Advertisement

Di Indonesia hampir setiap suku bangsa memiliki tarian rakyat, contohnya tari giring-giring (Kalimantan), gandrung Banyuwangi (Jawa Timur), srimpi (Jawa Tengah), saman (Aceh), pendet dan kecak (Bali), dan tor-tor (Tapanuli).

Incoming search terms:

  • pengertian tarian rakyat

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian tarian rakyat