Advertisement

PENGERTIAN ‘TATANAN EKONOMI’ DI JERMAN – Pengertian atau istilah ‘tatanan ekonomi’, ‘hukum ekonomi’ dan ‘sistem ekonomi’ di dalam berbagai konteks tidak selalu sama. Sering istilah tersebut digunakan bergantian secara sinonim. Namun, di bagian berikut akan terlihat perlunya membedakan istilah tersebut secara hati-hati.

Jika istilah ‘tatanan’ atau ‘orde’ diterapkan pada bidang kemasyarakatan, umumnya yang dimaksud adalah keseluruhan peraturan dari struktur dan fungsi bidang bersangkutan beserta lembaga-lembaga yang terkait di dalamnya. Pengertian inilah yang kita pakai bila membicarakan tatanan pemerintahan, hukum, kebudayaan, ekonomi, dan tatanan sosial ekonomi. Oleh karena itu mungkin, cara pertama sebagai pendekatan istilah ‘tatanan sosial ekonomi’ didefinisikan sebagai kesatuan seluruh pengorganisasian yang mengatur struktur suatu perekonomian nasional dan untuk berjalannya proses perekonomian sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk pengadministrasian, pengendalian dan perancangan pembangunan ekonomi.

Advertisement

Pengertian ‘tatanan ekonomi’ di dalam perpustakaan digunakan menjadi dua pengertian:

  1. Instrumental tanpa nilai (‘netral’) dalam arti tatanan suatu perekonomian nasional yang riil dan sudah dilaksanakan. Istilah ini bersifat deskriptif, karena mengambarkan suatu keadaan. Dalam pengartiannya juga digunakan untuk menjabarkan ‘kenyataan konstitusi perekonomian’.
  2. Cara menilainya dalam arti gagasan tentang sesuatu tatanan adalah suatu tatanan yang diinginkan dan dicita- citakan.

Tatanan yang dapat diharapkan tersebut bisa berupa, konsep model bagi perseorangan maupun kelompok sosial yang ideal. Termasuk dalam hal ini, misalnya yang disebut sebagai model tatanan kebijakan, tatanan ideal, ataupun konsep kebijakan politik. Sebaliknya, tatanan yang dicita- citakan bisa berwujud konstitusi tertulis, undang-undang, dan aturan-aturan hukum suatu masyarakat. Atau, singkatnya, berwujud dalam norma-norma hukum masyarakat. Dalam hal konsep tatanan tercermin juga di dalamnya sistem hukum suatu negara. Oleh karena itulah kita berbicara tentang suatu undang- undang perekonomian, yaitu suatu kode standar atau suatu gagasan konstitusional yang dapat menjadi acuan bagi setiap orang.

Terakhir, istilah ‘tatanan ekonomi’ digunakan bila kita merujuk ke suatu tatanan yang sedang berjalan, atau ke suatu undang-undang perekonomian dalam bentuk yang sudah berlaku secara efektif.

Seperti terlihat di bagian ketiga dalam buku ini, sebagian besar konsep kebijakan tatanan yang mengatur perekonomian Republik Federal Jerman umumnya dilandasi oleh ketentuan hukum. Karena sebagian besar konsep tersebut telah dijalankan, maka di negara ini terdapat korelasi yang tinggi antara undang-undang perekonomian dengan tatanan perekonomian yang konkret. Lebih dari itu, struktur perekono-mian nasional dan peraturan yang mengaturnya berjalan erat dengan cita-cita tatanan politik yang diterapkan, yaitu yang mengarah ke perekonomian pasar sosial.

Incoming search terms:

  • tatanan ekonomi
  • apa itu tatanan ekonomi
  • apa yang dimaksud tatanan ekonomi
  • contoh tatanan perekonomian nasional
  • tatanan ekonomi dan hukum Republik Federal
  • tatanan perekonomian adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • tatanan ekonomi
  • apa itu tatanan ekonomi
  • apa yang dimaksud tatanan ekonomi
  • contoh tatanan perekonomian nasional
  • tatanan ekonomi dan hukum Republik Federal
  • tatanan perekonomian adalah