Advertisement

Kecenderungan suatu cairan untuk mempunyai permukaan sesempit mungkin. Kecenderungan ini disebabkan oleh tidak seimbangnya gaya tarik yang diderita molekul cairan pada permukaan. Gaya yang menarik molekul itu ke arah dalam cairan lebih besar daripada gaya tarik ke arah luar, karena cairan mengandung jauh lebih banyak molekul per satuan volume dibandingkan uap di atas- nya.

Untuk memperluas permukaan cairan diperlukan energi untuk mengalahkan gaya tarik antarmolekul di dalam cairan, agar sejumlah molekul terbebas dan membentuk permukaan yang lebih luas. Oleh karena itu tegangan permukaan sering dinyatakan dalam energi per satuan luas permukaan. Erat dengan tegangan permukaan adalah tegangan antarmuka yang mencerminkan perbedaan gaya tarik molekul sejenis dan ga va tar^ rnolekul yang tidak sejenis. Demikianlah kita saksikan bahwa pada umumnya air akan tertebar pada permukaan kaca, sedangkan pada daun talas air cenderung berbutir-butir. Daun talas itu terlapisi lilin. Dikatakan gaya tarik kaca – air cukup besar, sedangkan air – lilin kecil, keduanya dibandingkan dengan gaya tarik air – air.

Advertisement

Karena bola adalah bentuk tiga-dimensi dengan nisbah permukaan/volume paling kecil, cairan cenderung membentuk butiran dan butiran ini cenderung berbentuk bola. Butiran itu tidak berbentuk bola sempurna, melainkan pipih, karena pengaruh gaya berat. Bila pengaruh gaya berat relatif kecil dibandingkan gaya tarik molekul atau atom sejenis, butiran itu akan makin mirip bola. Contoh: raksa di atas kaca lebih bulat daripada air di atas lapisan lilin. Air di atas kaca akan tertebar hampir merata; makin bersih kaca itu dari lemak akan makin merata air pada permukaannya. Dikatakan air membasahi kaca dengan baik.

Beberapa gejala yang dikaitkan dengan tegangan permukaan antara lain adalah kenaikan kapiler, terbentuknya buih, kemampuan cairan membasahi permukaan suatu zat padat. Pisau silet baru (ringan dan tidak terbasahi oleh air) dapat diletakkan telentang pada permukaan air tanpa tenggelam. Sebenarnya zat padat juga mempunyai tegangan permukaan, namun tidak semudah cairan untuk diperagakan dalam eksperimen. Beberapa bahan yang disebut zat aktif permukaan (surfaktan) cenderung menurunkan tegangan permukaan. Air sabun lebih mampu membasahi kaca daripada air murni.

Ada beberapa cara untuk mengukur besarnya tegangan permukaan cairan. Pada percobaan dengan cincin DuNoiiy, orang mengukur langsung gaya yang diperlukan untuk melepaskan cincin dari dalam permukaan suatu cairan. Gaya ini pada hakikatnya adalah gaya untuk menciptakan permukaan baru seluas dua kali luas lingkaran cincin. Dengan mengukur bobot tetesan cairan, kenaikan permukaan cairan dalam pipa kapiler, tekanan maksimum dalam gelembung, dan beberapa lagi, tegangan permukaan cairan dapat dihitung.

Incoming search terms:

  • pengertian tegangan permukaan
  • definisi tegangan permukaan
  • energi permukaan
  • arti tegangan permukaan
  • pengertian dari tegangan permukaan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian tegangan permukaan
  • definisi tegangan permukaan
  • energi permukaan
  • arti tegangan permukaan
  • pengertian dari tegangan permukaan