Advertisement

Ibu kota negara Iran. Letaknya di lereng Gunung Elburz, sekitar 120 kilometer di selatan Laut Kaspia. Pada tahun 1785 Agha Muhammed Khan, pendiri Dinasti Kajar, memindahkan pusat kerajaan dari Shiraz ke Teheran. Seluruh kota Teheran dipagari dengan dinding tinggi, agar pihak musuh tidak dapat masuk ke kerajaan ini. Namun pada saat di bawah kekuasaan Shah Reza (1926) dinding kerajaan tersebut dirubuhkan, sebab wilayah kerajaan akan diperluas. Setelah Perang Dunia II Teheran menjadi kota modern, luasnya tujuh kali lipat Isfahan, yakni kota terbesar pada waktu itu. Hal itu dikarenakan mulai ditemukannya tambang minyak bumi di Iran. Kini di kota Teheran telah terdapat jaringan kereta api Trans- Iranian dan bandara international sebagai sarana perhubungan.

Bulan Juli merupakan bulan terpanas di kota ini (29°C) dan Januari merupakan bulan terdingin (2°C). Curah hujan maksimum jatuh pada bulan Juni – Sep-tember (234 milimeter), dengan jumlah hari hujan 27 hari. Hasil utama kota ini antara lain adalah gula, semen, tekstil, dan permadani. Permadani banyak diekspor ke Amerika dan Inggris. Luas Teheran 19.118 kilometer persegi, dengan penduduk sekitar 7.243.000 jiwa (1984), yang sebagian merupakan i^i

Advertisement

gran Rusia keturunan Turki. Kedatangan imigran* imigran untuk mencari lapangan pekerjaan c kota inj menyebabkan pertambahan penduduk yang sang^ pesat, dan berkurangnya persediaan air minum. Kinj penduduk Teheran tergantung pada sungai, yang mengalir di sebelah barat kota sebagai sumber perse! diaan air.

Incoming search terms:

  • kerajaan teheran

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kerajaan teheran