Advertisement

Didefinisikan sebagai gaya per satuan luas. Dalam fisika istilah ini dipakai pada fluida (zat cair dan gas). Jika pada fluida dikenakan suatu gaya, maka tekanan akan dihasilkan pada fluida tersebut. Semakin besar gaya yang diberikan, semakin kuat tekanannya. Dalam sistem satuan internasional, satuan tekanan adalah newton per meter ku b k atau pascal.

Tekanan atmosfer dihasilkan oleh bobot udara di atasnya. Pada ketinggian sama dengan permukaan air laut tekanan atmosfer sekitar 101,3 kilopascal. Semakin tinggi letak suatu tempat semakin rendah tekanannya. Tekanan mempengaruhi titik didih air. Pada ketinggian sama dengan permukaan air laut. titik didih air adalah 100°C. Semakin tinggi letak suatu tempat semakin rendah titik didih air.

Advertisement

Blaise Pascal merupakan orang pertama yang mencetuskan pernyataan bahwa tekanan pada fluida diteruskan ke segala arah sama besarnya. Pernyataan ini di kemudian hari disebut hukum Pascal. Alat-alat yang bekerja dengan memanfaatkan hukum Pascal antara lain: rem, penekan dan dongkrak hidraulik, r

Pada gas, semakin tinggi tekanan yang diberikan padanya semakin kecil volumenya. Berkurangnya volume disebabkan oleh semakin rapatnya jarak antar molekul-molekul gas. Pada kondisi biasa, volume gas akan mengecil sampai setengahnya apabila tekanan diperbesar dua kali lipat. Robert Boyle adalah ilmuwan yang mengamati gejala tersebut dan publikasi dari hasil pengamatannya dikenal sebagai hukum Boyle.

Advertisement