Advertisement

Padanan ungkapan Inggris educational technology, adalah alat-alat bantu modern yang menunjang guru dalam memberikan pelajaran di dalam kelas atau yang menggantinya dalam fungsi-fungsi tertentu. Teknologi pendidikan bisa juga diartikan sebagai teori kegiatan didaktis. Ungkapan ini terutama mengacu pada alat-alat bantu serta peralatan pengajaran, termasuk komputer dan alat- alat lainnya.

Berbagai titik pandang membedakan teknologi pendidikan dalam berbagai susunan. Sesuai dengan teknik yang dipergunakan teknologi pendidikan dapat dibagi menjadi alat-alat mekanik, termasuk di dalamnya alat-alat pengajaran sederhana; alat-alat elektro- mekanik, misalnya alat atau aparat pengajaran dengan transpor pita listrik; alat-alat elektrooptik, seperti OHP (overhead projector), dil; aparat-aparat auditif, misalnya radio kaset dan televisi, yang bila perlu dibunyikan sebagai alat kemudi impulsif alat-alat tambahan, seperti proyektor film dan instalasi pengajaran bahasa; alat-alat pengajaran yang dikemudikan secara elektronik, terutama komputer, untuk pengajaran berbantuan komputer.

Advertisement

Berdasarkan fungsi didaktis, teknologi pendidikan bisa dibedakan menjadi beberapa kelompok. Dalam hal ini perbedaannya didasarkan pada skala fungsinya sebagai alat bantu guru sampai ke pengganti fungsi guru. Medb penggantinya berbeda-beda sesuai dengan derajat bantuan yang bisa disediakan alat itu dalam pengelolaan pengajaran yang dilakukan guru. Suatu media, misalnya film pendek berukuran 8 milimeter atau lembar kerja transparan yang dibuat sendiri untuk OHP, sangat cocok untuk rencana pelajaran guru. Film pelajaran dengan komentar yang ditayangkan melalui video bisa merupakan suatu pengajaran langsung dengan televisi sekolah, sehingga cukup melengkapi bantuan bagi guru.

Teknologi pendidikan bisa dijabarkan lebih lanjut sesuai dengan ukuran sistem yang memerlukan alat- alat bantu teknik, seperti ruang kelas, terutama ruang kelas elektronik, sekolah dengan pusat media, instalasi radio sekolah, instalasi televisi sekolah, laboratorium bahasa, instalasi pengajaran audio-visual, dan sebagainya.

Advertisement