Advertisement

Atau sigung, suatu kelompok binatang anggota mamalia. Di dunia, kelompok binatang yang tercakup dalam satu suku ini terbagi atas 25 marga yang beranggotakan 70 jenis. Beberapa jenis hidup di darat, dan jenis lainnya di air. Menurut sejarah, hewan yang sesuku dengan teledu pertama hidup pada kala Oiigosen di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Suku ini sudah ada di Afrika pada paro Pliosen, dan di Amerika Selatan pada kala Pleistosen. Dua marga yang berasal dari kala Pleistosen dan diperkirakan sudah langka serta mengalami kepunahan adalah Nesulutra dari Malta dan Cyraonys dari Erasia. Binatang yang tergolong suku ini mampu hidup sampai 20 tahun. Lama masa kebuntingannya 39 – 65 hari. Pada setiap kelahiran, induk teledu melahirkan 1-13 ekor.

Ciri khas teledu yang hidup di Indonesia adalah bau menusuk yang berasal dari cairan yang dihasilkan kelenjar getah di pangkal ekor. Bau cairan mudah menempel pada benda apa saja; bau ini akan hilang setelah beberapa hari kemudian. Walaupun hanya sesendok cairan yang disemprotkan sejauh 15 sentimeter, baunya akan menyebar serta menempel pada benda di sekitarnya dan baru hilang beberapa hari kemudian. Pada masa kejayaan raja-raja Jawa, masyarakat menggunakan cairan dari kelenjar teledu sebagai campuran cairan untuk membuat parfum atau membunuh anjing dan membuat buta; sedangkan kulitnya untuk obat reumatik. Binatang ini aktif dan mencari mangsa pada malam hari dan beristirahat di liang- liang pada siang hari. Liang teledu digali di bawah pohon yang memiliki perakaran kuat dan rapat. Lebar liang 1 – 2 meter. Biasanya liang tersebut ditutup banyak ranting, sehingga tidak tampak sebagai tempa! persembunyian.

Advertisement

Tubuh teledu tertutup rambut. Kulitnya berwarna cokelat sampai hitam dengan garis lurus putih dari bagian tengah kepala, ke belakang sampai ekor. Panjang tubuhnya dapat mencapai 52 sentimeter dengan panjang ekor 3,4 – 3,8 sentimeter dan panjang telapak kaki belakang 6,4 – 7 sentimeter. Kakinya pendek dengan jari dan kuku kuat yang digunakan untuk menggali lubang. Moncongnya seperti babi. Binatang ini mampu hidup di daerah berketinggian sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, jenis ini terbagi atas tiga anak jenis yang tersebar di hutan Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Kepulauas Natuna.

Incoming search terms:

  • ciri khas teledu
  • telegu pengertian

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ciri khas teledu
  • telegu pengertian