Advertisement

Salah satu organ pancaindera yang berfungsi untuk mendengar. Suara yang masuk ke dalam telinga dihantarkan ke bagian dalam untuk kemudian diubah menjadi impuls saraf dan diteruskan ke pusat pendengaran di otak. Di sinilah impuls tersebut ditafsirkan. Selain itu, telinga bagian dalam juga berfungsi dalam pengaturan keseimbangan tubuh.

Telinga manusia dibagi dalam tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Telinga luar terdiri atas daun telinga dan liang telinga, yang bagian dalamnya dibatasi oleh gendang telinga. Gendang telinga ini merupakan suatu membran tipis namun kuat, memisahkan telinga luar dari telinga tengah, dan akan bergetar bila ada suara masuk ke dalam telinga. Di bagian dalamnya melekat tulang pendengaran malleus, yang berangkaian dengan dua tulang kecil lainnya di dalam telinga tengah, yaitu incus dan stapes. Di ujung bagian dalam rangkaian tulang pendengaran tersebut terdapat membran tipis berbentuk oval. Membran oval ini merupakan pemisah antara telinga tengah dan telinga dalam. Telinga tengah berhubungan dengan hidung bagian belakang melalui saluran sempit yang disebut tuba Eustachii. Saluran ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan tekanan udara di dalam telinga tengah dan udara luar. Selain itu, telinga tengah juga berhubungan dengan rongga udara dalam tulang mastoid, yang berada di sekitarnya. Di bagian sebelah dalam membran oval terdapat telinga bagian dalam, atau labirin, yang terdiri atas bangunan tulang berbentuk spiral seperti rumah siput, atau kokhlea, berbentuk saluran semisirku- ler, dan serabut saraf. Di dalam kokhlea terdapat organon Corti yang bentuknya mengikuti kokhlea, dan merupakan organ pendengaran. Sel-sel organon Cortj melekat pada membrana basilaris yang sangat peka terhadap rangsang. Membran ini membagi saluran dalam kokhlea menjadi dua bagian, yaitu bagian atas yang disebut skala vestibuli, dan bagian bawah yang disebut skala timpani. Keduanya berhubungan melalui lubang kecil pada ujung kokhlea. Skala vestibuli terbagi dua oleh membran Reissner, sehingga terbentuklah saluran lain yang disebut skala media. Dj dalam skala media inilah organon Corti berada. Sel- sel rambut organon Corti berfungsi meneruskan impuls suara ke saraf pendengaran yang menuju ke otak.

Advertisement

Skala vestibuli dan skala timpani terisi cairan peri. limfe, sedangkan skala media terisi cairan endolimfe. Kokhlea berhubungan dengan bangunan berbentuk tiga buah saluran setengah lingkaran yang menyatu pada dua bangunan lainnya, yaitu sakulus dan utriku. I us. Rongga di dalam bangunan tulang tersebut berisi cairan yang disebut perilimfe, sedangkan rongga yang terdapat di dalam organon Corti berisi endolimfe. Bangunan semisirkuler beserta sakulus dan utrikulus yang juga berisi endolimfe, berfungsi memberikan informasi mengenai letak dan posisi kepala sena orientasi ruang. Rangsangan berupa gerak kepala atau pengaliran air dingin/hangat ke dalam liang telinga akan menimbulkan impuls yang akan diteruskan ke serabut saraf vestibuier yang menuju ke otak.

Incoming search terms:

  • pengertian telinga

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian telinga