PENGERTIAN TERAPI PSIKOLOGIS DEPRESI – TERAPI PSIKODINAMIKA

41 views

PENGERTIAN TERAPI PSIKOLOGIS DEPRESI – TERAPI PSIKODINAMIKA – Karena depresi dianggap terjadi karena rasa kehilangan yang direpres dan kemarahan yang secara tidak sadar diarahkan ke dalam diri, terapi psikoanalisis berupaya membantu pasien memperoleh insight atas konflik yang direpres dan sering kali mendorong pelepasan agresivitas yang selama ini diasumsikan terarah ke dalam diri. Dalam bahasa yang paling umum tujuan terapi psikoanalisis adalah mengungkap motivasi laten atas depresi yang dialami pasien. Seseorang dapat, contohnya, menyalahkan dirinya sendiri atas kurangnya kasih sayang orang tuanya, namun maukah keyakinan tersebut karena menimbulkan kemarahan dan rasa sakit. Pertama terapis harus memandu pasien untuk menghadapi fakta bahwa ia memiliki perasaan demikian kemudian membantu pasien menyadari bahwa perasaan bersalah tersebut tidak berdasar. Pulihnya ingatan tentang situasi penuh stres pada masa kanak-kanak pasien, yang merupakan masa terbentuknya perasaan tidak mampu dan kehilangan, semestinya juga memberikan kelegaan.
Hanya terdapat sedikit penelitian mengenai efektivitas psikoterapi dinamika untuk menyembuhkan depresi (Craighead, Evans, & Robins, 1992; Klerman, 1988a) dan hasilnya bervariasi, sebagian karena tingkat variabilitas yang tinggi di antara berbagai pendekatan dalam psikoterapi psikodinamika atau psikoanalisis. Laporan oleh American Psychiatric Association menyimpulkan bahwa tidak ada data terkendali yang menguji efektivitas jangka panjang psikoterapi psikodinamika atau psikoanalisis dalam penanganan depresi (American Psychiatric Association, 1993). Meskipun demikian, kajian tentang studi terhadap hasil-hasil terapi untuk depresi baru-baru ini menyimpulkan bahwa efektivitas jangha pendeh terapi psikodinamika sama dengan efektivitas terapi kognitif-behavioral (Leichsenring, 2001). Kesimpulan positif tersebut diperoleh antara lain dari suatu studi berskala besar yang terkenal, Program Penelitian Kolaboratif Penanganan Depresi (Elkin dkk., 1989, dijelaskan lebih rinci dalam bagian mengenai terapi kognitif dan perilaku). Berbagai temuan dalam studi ini menunjukkan bahwa suatu bentuk terapi psikodinamika yang berkonsentrasi pada interaksi di masa sekarang antara orang yang menderita depresi dengan lingkungan sosial—terapi interpersonal, atau IPT (interpersonal theray) dari Klerman dan Weissman (Klerman dkk., 1984)—secara khusus efektif menyembuhkan depresi unipolar serta mempertahankan keberhasilan terapi (Frank dkk., 1990; Gillies, 2001). Efektivitas IPT juga dilaporkan dalam penanganan depresi pascamelahirkan (Weissman dkk., 2000). Selain itu, terdapat bukti-bukti bahwa terapi juga dapat efektif dalam format kelompok (Stuart dkk., 1998).

Inti terapi adalah membantu pasien yang mengalami depresi mempelajari bagaimana perilaku interpersonalnya saat ini dapat menjadi hambatan untuk mendapatkan kegembiraan dalam hubungan dengan orang lain. Contohnya, pasien dapat diajari untuk memperbaiki komunikasi dengan orang lain agar kebutuhannya dapat terpenuhi dengan lebih baik dan agar memperoleh interaksi dan dukungan sosial yang lebih memuaskan. Terapi psikodinamika ini tidak bersifat sangat intrapsikis. Terapi ini menitikberatkan pada pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai masalah interpersonal yang diasumsikan memicu terjadinya depresi dan bertujuan memperbaiki hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, fokusnya terletak pada komunikasi yang lebih baik, pengujian realitas, mengembangkan keterampilan sosial yang efektif, dan memenuhi persyaratan peran sosial saat ini. Fokusnya terletak pada kehidupan pasien saat ini, bukan pada penggalian masa lalu pasien yang sering kali merupakan penyebab yang ditekan dari berbagai masalah saat ini. Berbagai teknik aktual mencakup diskusi yang tidak terlalu mengarahkan pada berbagai masalah interpersonal, menggali dan mendorong untuk mengekspresikan berbagai perasaan negatif yang tidak diakui, penyelesaian masalah, dan menyarankan moda perilaku yang baru dan lebih memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *