PENGERTIAN TINGKAH LAKU MANUSIA

57 views
  1. Kemampuan untuk mempengaruhi dan mengatur orang lain adalah, seni dari kepemimpinan yang melibatkan pengertian, penilaian, dan pengawasan sifat-sifat yang dipimpin. Pemimpin dapat melakukan tugasnya sebagaimana mestinya, apabila ia memberikan bantuan untuk mengerti dirinya sendiri dan prajuritnya, dan dengan siapa ia melakukan tugasnya. Ia tidak perlu menjadi seorang, ahli ilmu jiwa, tetapi ia harus mempunyai pengertian pada bentuk-bentuk dasar sifat manusia untuk dapat mengusahakan efektifitas yang maksimum dari anggota kelompoknya.
  2. Pemimpin harus menyadari bahwa tindakannya dan perintahnya akan mempunyai efek yang berbeda pada setiap anggotanya, dan tiap orang akan memberikan respon yang berbeda, menggabungkan reaksi-reaksi dari tiap-tiap perorangan akan memberikan hasil sikap kelompok terhadap pemimpin dan tugas yang dibebankan olehnya. Jadi, seorang pemimpin yang berhasil mendapatkan reaksi yang diinginkan dari perseorangan dalam komandonya, juga akan dapat mengharapkan reaksi kelompok yang diinginkan. Hal tersebut, akan membantunya membentuk suatu kelompok menjadi tim yang efektif.
  3. Seorang pemimpin sebenarnya memelihara hubungan pribadi yang dekat dengan kelompok yang relatif kecil tanpa memandang jumlah manusia yang dikuasainya. Ia harus bergantung pada kelompok kecil itu bahwa kemauannya dimengerti dan dilaksanakan secara baik. Sukses dari suatu kelompok tergantung pada kemampuan pemimpin untuk memajukan hubungan yang efektif antara dirinya, kelompok, dan anggota perorangan dari kelompok. Keadaan yang demikian akan mengembangkan suasana yang menghasilkan kelompok bermutu tinggi dan perseorangan serta bekerja sebagai suatu tim dengan kepercayaan dan rasa hormat. Sebab itu, pemimpin harus mengerti pentingnya kerja sama, bagaimana mempengaruhi dan sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *