Advertisement

Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan 57ang mengelilingi bumi. Kompcsisi campuran gas tersebut tidak selalu konstan. Komponen yang konsentrasinya paling bervariasi adalah air dalam bentuk uap H90 dan karbon diokside (C02). Jumlah uap air yang terdapat di udara bervariasi tergantung dari cuaca dan suhu.

Konsentrasi C02 di udara selalu rendah, yaitu sekitar 0.03%. Konsentrasi C02 mungkin naik, tetapi masih dalam kisaran beberapa per seratus persen, misalnya di sekitar proses-proses yang menghasilkan C02 seperti pembusukan sampah tanaman, pernbakaran, atau di sekitar kumpulan massa manusia di dalam ruangan terbatas yaitu karena pernafasan. Konsentrasi C02 yang relatif rendah dijumpai di atas kebun atau ladang tanaman yang , edang tumbuh atau di udara yang baru melalui lautan. Konsentrasi yang relatif rendah ini disebabkan oleh absorbsi C02 oleh tanaman selama fotosintesis dan karena kelarutan C02 di dalam air. Tetapi pengaruh proses-proses tersebut terhadap konsentrasi total C09 di udara sangat kecil karena rendahnya konsentrasi co2.

Advertisement

Komposisi udara kering di m ana semua uap air telah dihilangkan relatif konstan. Komposisi udara kering yang bersih yang dikumpulkan di sekitarlaut dapat dilihatpada Tabe] 9.1. Konsentrasi gas dinyatakan dalam per sen atau per sejuta (ppm = part per million), tetapi untuk gas yang konsentrasinya sangat kecil biasanya dinyatakan dalam ppm. Selain gas-gas yang tercantum dalam masih ada lagi gas-gas lain yang mungkin terdapat di udara tetapi jumlahnya sangat kecil, yaitu kurang dari 1 ppm.

Udara di alam tidak pernah ditemukan bersih tanpa polutan sama sekali. Beberapa gas seperti sulfur diokside (S02), hidrogen sulfide (H2S), dan karbon monokside (CO) selalu dibebaskan ke udara sebagai produk sampingan dari proses-proses alami seperti aktivitas vulkanik, pembusukan sampah tanaman, kebakaran hutan, dan sebagainya. Selain itu partikel-partikel padatan atau cairan berukuran kecil dapat tersebar di udara oleh angin, letusan vulkanik atau gangguan alam lainnya. Selain disebabkan polutan alami tersebut, polusi udara juga dapat disebabkan oleh aktivitas manusia.

Incoming search terms:

  • pengertian udara
  • pengertian co2 yang terpolusi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian udara
  • pengertian co2 yang terpolusi