Advertisement

Sederet unsur kimia mulai dari nomor 58 sampai dengan nomor 71. Mereka ini adalah 58 serium; 59 praseodimium; 60 neodimium; 61 prometium; 62 samarium; 63 europium; 64 gadolinium; 65 terbium; 66 disprosium; 67. holmium; 68 erbium; 69 tulium, 70 iterbium; dan 71 lutetium. Unsur-unsur ini membentuk deret lantanida.

Kadang lantanum, unsur nomor 57, juga ikut disebut unsur tanah langka, dan bahkan dimasukkan dalam deret lantanida, meskipun aslinya lantanida berarti deret setelah lantanum. Ada beberapa unsur di luar deret lantanida yang dalam alam (sebagai bijih) tercampur dengan bijih unsur-unsur ini. Karena sifatnya mirip, mereka sukar dipisahkan. Oleh karena itu sering unsur itu ikut disebut unsur tanah langka, misalnya unsur nomor 21 skandium, dan nomor 39 itrium. Unsur prometium tidak terdapat dalam alam karena semua isotopnya bersifat radioaktif. Baru dalam tahun 1948 prometium ditemukan dari dalam sampah reaktor nuklir, sebagai hasil pembelahan unsur berat.

Advertisement

Unsur-unsur ini membentuk oksida yang kurang bersifat basa. Logam yang nomor atomnya lebih tinggi daripada 64 relatif lamban terhadap oksigen, sedangkan yang di bawah 64 mudah teroksidasi. Titik leleh logam itu beragam mulai dari 795°C (untuk serium) sampai 1.650°C (untuk lutetium).

Meskipun namanya unsur tanah langka, sebenarnya unsur-unsur ini mempunyai kelimpahan yang lebih besar dalam kerak bumi dibandingkan den ;an misalnya platinum. Kesukarannya terletak pada pemisahan satu sama lain, sementara unsur-unsur ini tidak semulia platina, emas dan iridium. Pemisahan yang lazim adalah pemisahan garam-garamnya dengan teknik pertukaran ion. Kemudian barulah garam-garam ini direduksi untuk menghasilkan logam-logamnya.

Bijih yang terpenting adalah monazit, yaitu campuran fosfat torium dengan logam-logam tanah langka ini. Unsur ini juga ikut terdapat dalam bijih logam lain, seperti dalam euxenit (dari logam kolumbium dan tantalum), bastnaesit (lantanum fluorida karbonat), fergusonit, gadolinit, dan beberapa lagi.

Logam tanah langka digunakan dalam batu api, sebagai aditif baja dan besi cor, dalam pembuatan tabung maser dan laser, dan penggunaan tradisional adalah dalam industri kaca dan keramik lain, untuk memberikan berbagai warna maupun sifat optis yang khusus.

Incoming search terms:

  • pengertian unsur tanah
  • arti unsur tanah
  • apa yang dimaksud dengan unsur tanah
  • apakah yg dimaksud unsur tanah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian unsur tanah
  • arti unsur tanah
  • apa yang dimaksud dengan unsur tanah
  • apakah yg dimaksud unsur tanah