PENGERTIAN UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI ADALAH

120 views

PENGERTIAN UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI ADALAH – Demikian juga administrasi dalam lingkup swasta dan pemerintah baik sipil maupun militer. Karena itu, unsurunsur administrasi adalah sebagai berikut:

1. Adanya manusia dua orang atau lebih.

Proses administrasi adalah fenomena sosial/kehidupan manusia. Administrasi berada karena adanya manusia yang dalam hidupnya mempunyai berbagai kebutuhan, tujuan, masalah. Semuanya itu tidak bisa dibereskan atau dipenuhi oleh seorang diri. Karena itu, perlu keikutsertaan orang lain untuk bekerja sama ini berarti dua orang atau lebih untuk melakukan sesuatu. Administrasi diciptakan oleh manusia, dilaksanakan oleh manusia dan untuk mencapai tujuan manusia serta pe-menuhan kebutuhannya.

2. Tujuan yang ingin dicapai.

Administrasi tak diperlukan kalau tak ada tujuan. Tujuan itu tidak selalu ditetapkan oleh seluruh orang yang terlibat, tetapi amat mungkin ditentukan oleh sebagian atau oleh orang yang punya kewenangan untuk menetapkan tujuan.

3. Proses kerjasama.

Pencapaian tujuan tidak akan terlaksana manakala tanpa keikutsertaan orang lain dengan keinginan dalam dirinya untuk mecapai tujuan tersebut. Diperlukan kesepakatan untuk mencapai tujuan dalam kehidupan organisasi. Diharapkan setiap anggota dengan senang hati melakukan tugasnya tanpa paksaan, tetapi karena komitmen yang tinggi.

Dalam rangka mencapai tujuan, proses/kegiatan dilakukan sesuai bidang tugas, dengan tujuan akhir yang sama. Setiap manusia yang terlibat tahu bidang tugasnya dan kepada siapa bertanggung jawab serta harus menghasilkan apa. Keterikatan selaku anggota dalam organisasi harus disadari oleh setiap anggota sehingga, peran anggota dan pimpinan jelas. Dalam kerjasama jangan terjadi adanya paksaan yang akan merugikan organisasi maupun anggotanya.

4. Pelaksanaan tugas.

Dalam pelaksanan tugas diperlukan rasa aman dalam arti luas, baik pemenuhan kebutuhannya maupun harapan organisasi, dengan pembagian tugas yang jelas termasuk mekanisme kerja yang harus ditempuh. Kunci keberhasilannya tetap ada pada kemampuan manusianya untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

5. Sarana dalam proses administrasi.

Dengan hanya pemikiran saja, tanpa ada realitas, citacita yang diharapkan tidak akan dapat terwujud. Peralatan merupakan salah satu penentu keberhasilan buah hasil pemikiran. Alat atau sarana dipergunakan sebagai teknologi yang dapat meningkatkan hasil yang lebih baik dan efisien. Keserdehanaan dan efisiensi sangat dibutuhkan dalam memanfaatkan sarana, baik dalam bentuk uang maupun peralatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *