Advertisement

Ahli ekonomi dan sosiologi Italia yang dikenal dengan penerapan matematika pada analisis ekonomi, dan juga terkenal dengan teori interaksi antara masyarakat kebanyakan dan kalangan elit.

Pareto menyelesaikan studi matematika dan fisika di Universitas Turino (1869). Sesudah itu, untuk beberapa waktu lamanya, ia bekerja sebagai insinyur dalam sebuah proyek pembangunan jalan raya. Kemudian ia pindah ke Firenze. Ia belajar filsafat dan politik, sambil menulis beberapa artikel yang mengupas analisisnya atas berbagai masalah ekonomi melalui pendekatan matematis. Pada tahun 1893 ia terpilih sebagai ketua Jurusan Ekonomi Politik di Universitas Lausanne, Swis.

Advertisement

Bukunya yang pertama berjudul Cours d’Economic Politique (1896-1897), yang terkenal namun juga dikritik banyak ahli. Pareto berusaha membuktikan, melalui perumusan matematis yang rumit, bahwa penyebaran pendapatan dan kekayaan dalam masyarakat tidak berlaku acak. Penyebaran itu berpola tetap sepanjang sejarah, di seluruh dunia, dan dalam setiap bentuk masyarakat. Bukunya yang paling berpengaruh berjudul Manuale d’Economia Politico terbit tahun 1906. Ia lebih lanjut berusaha mengembangkan teori ekonomi murni, seria analisisnya atas kemampuan p, muas kebutuhan.

Bukunya yang berjudul Trattato di Sociologia Geerale (1916) mencerminkan peralihan Pareto dari ekonomi ke sosiologi. Buku ini mengacu pada hakikat dan dasar aksi individu dan sosial. Menurut Pareto, niereka yang memiliki keterampilan tinggi terus menerus memperkuat dan memperluas posisi sosialnya. Terbentuklah kelas-kelas sosial. Kaum elit yang berada di tingkat paling atas adalah mereka yang memiliki keterampilan tinggi. Untuk mencapai tingkatan kaum elit itu, anggota tertentu dalam masyarakat tingkat bawah tak henti-henti mempergunakan kemampuan mereka sehingga mereka semakin mempertinggi keterampilan mereka. Keadaan sebaliknya terjadi dalam masyarakat kelas atas yang merasa telah mapan. Akibatnya adalah adanya ancaman dari anggota masyarakat kelas bawah, yang telah menjadi begitu terampil, terhadap anggota masyarakat atas yang menjadi semakin mandul. Terjadilah “perputaran anggota elit.” Teori tentang keunggulan kelas elit ini menyebabkan nama Pareto kadang kala dikaitkan dengan fasisme.

Incoming search terms:

  • Teori teori vilvredo pareto
  • Teori vilvredo pareto

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Teori teori vilvredo pareto
  • Teori vilvredo pareto