Gerakan benda-benda langit.

Sejak dahulu kala manusia menggunakan gerakan benda-benda langit untuk mengukur waktu. Misalnya, sa­tu tahun adalah waktu yang dibutuhkan bumi untuk sekali mengelilingi matahari. Satu hari adalah waktu yang dibutuhkan bumi untuk sekali berputar pada porosnya, 24 jam.

Mengeli­lingi bumi.

Satu bulan adalah waktu yang kira-kira dibutuhkan bulan untuk mengelilingi bumi — kurang lebih 271/2 hari. Waktu yang dibutuhkan bulan untuk mengeli­lingi bumi tidak selalu dalam jumlah hari yang sama, dan satu tahun tidak selalu dapat dibagi dalam jum­lah bulan yang sama. Karena itu kita membagi satu tahun dalam 12 bulan yang jumlah harinya tidak sa­ma pada penanggalan.

Mengelilingi matahari.

Bumi membutuhkan 3651/4 hari untuk mengelilingi matahari. Karena satu tahun hanya 365 hari, kita harus menambahkan satu hari setiap empat tahun pada penanggalan. Hari itu selalu 29 Pebruari. Tahun yang terdiri atas 366 hari disebut tahun kabisat. Bumi bergerak di ruang angkasa seperti sebuah bola raksasa yang berputar miring hingga 231/2 derajat. Bila Kutub Utara berdekatan dengan matahari pada belahan bumi utara terjadi musim panas dan pada belahan bumi selatan terjadi musim dingin.

Belahan bumi utara. (Pengertian waktu dan penanggalan)

Enam bulan kemudian, bila bumi pada sisi sebelah lain matahari, Kutub Utara berpaling dari matahari. Maka terjadi musim dingin di belahan bumi utara dan musim panas di belahan bumi selatan.

Filed under : Bikers Pintar,