Advertisement

PENGERTIAN WAYANG – Merupakan seni budaya Indonesia yang terkenal. Meskipun perkembangan dan pelestariannya terutama dirasakan hanya di Pulau Jawa dan Bali, di pulau-pulau lain pun seni budaya sejenis ini ada.

Wayang kulit, menampilkan cerita wayang purwa yang bersumber kitab Mahabarata dan Ramayana. Namun cerita yang berasal dari India itu telah diadap­tasikan pada budaya dan falsafah yang ada di Indone­sia, sehingga beberapa bagian sudah berbeda dari aslinya. Yang memimpin pergelaran wayang kulit ada­lah seorang dalang. Dalang juga menjadi dirigen ga­melan yang mengiringinya, sutradara, dan tukang cerita. Pada wayang kulit, yang dimainkan adalah lembaran kulit yang dipahat dan diukir kemudian diwarnai. Tokoh wayang kulit ditampilkan dua de- mensi, dalam bentuk stilir, yang mewakili karakter si tokoh wayang. Dalang memainkannya di depan se­buah layar putih, disinari lampu minyak yang disebut blencong. Para penonton mengikuti pergelaran itu dari balik layar dengan melihat bayangannya. Itulah sebab­nya seni itu disebut wayang, yang berawal dari kata wewayangan atau bayangan, sehingga orang Barat menyebutnya shadow puppet, boneka bayangan.

Advertisement

Pada wayang golek, wayang tengul, dan wayang klitik, yang dimainkan oleh dalang adalah boneka wayang dalam bentuk tiga demensi, dibuat dari kayu lunak yang dipahat lalu diukir dan diberi warna. Di­bandingkan dengan wayang kulit, wayang golek lebih realistik. Wayang golek digemari orang Sunda di Jawa Barat.

Incoming search terms:

  • perbedaan wayang kulit dan wayang golek
  • Perbandingan wayang klitik dan wayang lainnya
  • pengertian wayang golek dan wayang kulit

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • perbedaan wayang kulit dan wayang golek
  • Perbandingan wayang klitik dan wayang lainnya
  • pengertian wayang golek dan wayang kulit