Advertisement

Jika dilihat dari sumber-sumber yang memproduksi CO, maka seharusnya pencemaran CO di udara cukup tinggi. Tetapi ternyata hal ini tidak terjadi, dengan kata lain jurnlah pencemaran CO di udara jauh lebih kecil dibandingkan dengan jumlah yang dilepaskan di atmosfer. Mekanisme alami di mana karbon monoksida hilang dari udara telah banyak diteiiti, dan pembersihan CO dari udara kemungkinan terjadi karena beberapa proses sebagai berikut:

  1. Reaksi atmosfer yang berj alan sangat lambat sehingga j umlah CO yang hilang sangat sedikit.
  2. Aktivitas mikroorganisme yang terdapat dalam tanah dapat menghilangkan CO dengan kecepatan relatif tinggi dari udara.

Kecepatan reaksi yang mengubah CO menjadi C02 (2CO + 02 —> 2C02) yang terjadi pada atmosfer bawah hanya dapat menghilangkan sekitar 0.1% dari CO yang ada per jam dengan adanya matahari. Berdasarkan kecepatan ini, CO di atmosfer diperkirakan mempunyai umur rata-rata 3.5 bulan.

Advertisement

Berbagai mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah dapat menghilangkan CO dari udara secara cepat. Sebagai contoh, suatu percobaan menggunakan pot yang diisi tanah dengan berat 2.8 kg dan yang ditempatkan dalam suatu ruangan tertentu yang mengandung 120 ppm CO, ternyata dalam waktu 3 jam semua CO dapat dihilangkan dari udara. Jika pot berisi tanah tersebut disterilkan terlebih dahulu, ternyata kemampuan untuk membersihkan CO dari udara hilang. Dari penelitian tersebut telah berhasil diisolasi sebanyak 200 organisme, dan ternyata yang aktif dalam pembersihan CO terutama adalah fungi yaitu sebanyak 16 spesies.

Meskipun tanah dengan mikroorganisme di dalamnya dapat berfungsi dalam pembersihan CO di atmosfir, tetapi kenaikan konsentrasi CO di udara masih terjadi. Hal ini disebabkan tanah yang tersedia tidak tersebar rata, bahkan di daerah-daerah dimana produksi CO sangat tinggi kadang-kadang persediaan tanah sangat terbatas.

Karena kendaraan bermotor merupakan sumber polutan CO yang utama (sekitar 59.2%), maka daerah-daerah yang berpenduduk padat dengan lalu lintas ramai memperlihatkan tingkat polusi CO yang tinggi. Konsentrasi CO di udara per waktu dalam satu hari dipengaruhi oleh kesibukan atau aktivitas kendaraan bermotor yang ada. Semakin ramai kendaraan bermotor yang ada, semakin tinggi tingkat polusi CO di udara.

Konsentrasi CO di udara pada tempat tertentu dipengaruhi oleh kecepatan emisi (pelepasan) CO di udara dan kecepatan dispersi dan pembersihan CO dari udara. Pada daerah perkotaan kecepatan pembersihan CO dari udara sangat lambat, oleh karena itu kecepatan dispersi dan pembersihan CO dari udara sangat menentukan konsentrasi CO di udara.

Kecepatan dispersi dipengaruhi langsung oleh faktor-faktor meteorologi seperti kecepatan dan arah angin, turbulensi udara, dan stabilitas atmosfer. Di kota-kota besar, meskipun turbulensi ditimbulkan karena adanya kendaraan yang bergerak dan aliran udara di atas dan di sekeliling bangunan, tetapi karena keterbatasan ruangan maka gerakan udara sangat terbatas sehingga konsentrasi CO di udara dapat meningkat.

Incoming search terms:

  • dimana saja persebaran karbon
  • Aktivitas mikroorganisme dalam tanah dapat menghilangkan co dengan kecepatan tinggi
  • pembersihan co dari udara kemungkinan terjadi karena

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • dimana saja persebaran karbon
  • Aktivitas mikroorganisme dalam tanah dapat menghilangkan co dengan kecepatan tinggi
  • pembersihan co dari udara kemungkinan terjadi karena