Advertisement

Konsentrasi NOx di udara dalam suatu kota bervariasi sepanjang hari tergantung dari sinar matahari dan aktivitas kendaraan. Perubahan konsentrasi NOx berlangsung sebagai berikut:

  1. Sebelum matahari terbit, konsentrasi NO dan N02 tetap stabil pada konsentrasi sedikit lebih tinggi dari konsentrasi minimum sehari-hari.
  2. Segera setelah aktivitas manusia meningkat (jam 6-8 pagi) konsentrasi NO meningkat terutama karena meningkatnya aktivitas lalu lintas yaitu kendaraan bermotor. Konsentrasi NO tertinggi pada saat ini dapat mencapai 1-2 ppm.
  3. Dengan terbitnya sinar matahari yang memancarkan sinar ultraviolet, konsentrasi N02 meningkat karena perubahan NO primer menjadi N02 sekunder. Konsentrasi N02 pada saat ini dapat mencapai 0.5 ppm.
  4. Konsentrasi ozon meningkat dengan menurunnya konsentrasi NO sampai kurang dari 0.1 ppm.
  5. Jika intensitas energi solar (sinar matahari) menurun pada sore hari (jam 5-8 sore) konsentrasi NO meningkat kembali.
  6. Energi matahari tidak tersedia untuk mengubah NO menjadi N02 (melalui reaksi hidrokarbon), tetapi 03 yang terkumpul sepanjang hari akan bereaksi dengan NO. Akibatnya terjadi kenaikan konsentrasi N02 dan penurunan konsentrasi 03.

Dari perhitungan kecepatan emisi NOx dapat diketahui bahwa waktu tinggal rata-rata N02 di atmosfer kira-kira adalah 3 hari, sedangkan waktu tinggal NO rata-rata 4 hari. Dari waktu tinggal ini dapat diketahui bahwa proses-proses alami, termasuk reaksi fotokimia, mengakibatkan hilangnya nitrogen okside tersebut. Produk akhir dari polusi NOx dapat berupa asam nitrat, yang kemudian diendapkan sebagai garam-garam nitrat di dalam air hujan atau debu.

Advertisement

Mekanisme utama pembentukan asam nitrat dari N02 di atmosfer masih terus dipelajari. Salah satu reaksi di bawah ini diduga juga terjadi di atmosfer tetapi peranannya mungkin sangat kecil dalam menentukan jumlah asam nitrat di atmosfer. Reaksi tersebut adalah sebagai berikut:

2N02 + H20         > HN03 + HNO2

atau 3N02 + H20               > 2HN03 + NO

Perhitungan menggunakan konsentrasi NO, N02 dan H2 yang normal terdapat di atmosfer menunjukkan konsentrasi ekuilibrium sekitar 1.0 ppb HN03 untuk reaksi kedua dengan kecepatan 0.1 ppb per jam. Hal ini menunjukkan angka yang terlalu kecil dibandingkan dengan angka waktu tinggal untuk N02.

Kemungkinan lain pembentukan HN03 di dalam udara terpolusi adalah menyangkut reaksi dengan ozon. Pada konsentrasi N02 maksimum, 03 memegang peranan penting dan kemungkinan terjadi tahap-tahap reaksi sebagai berikut:

03 + N02               > N03 + 02

NO3 + NO2         > N2O_

N90_ + H90         > 2HNO

2 5          2              6

Reaksi tersebut di atas juga masih terus dibuktikan kebenarannya, tetapi yang penting adalah bahwa proses-proses atmosfer mengakibatkan perubahan NOx menjadi HN03, yang kemudian bereaksi secara cepat membentuk partikel-partikel nitrat.

Advertisement