Advertisement

Termasuk salah satu dan iima cabang olahraga perairan di samping layar, selam, ski air, dan perahu bermotor. Olahraga dayung melibatkan atlet putra maupun putri, dan perahu dayung jenis kano kanada dan kayak (perahu Eskimo). Dibandingkan dengan olahraga dayung di negara-negara lain, di Indonesia cabang ini, terutama untuk jenis kano, lebih digemari daripada keempat cabang olahraga perairan lainnya. Penggemar olahraga dayung bergabung dalam Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

Dalam garis besar, cabang olahraga dayung ini dapat dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu olahraga dayung prestasi dan tradisional. Dalam perlombaan resmi seperti Olimpiade, yang diselenggarakan di bawah perlindungan FISA (Federasi Internasional Mendayung), hanya jenis olahraga dayung prestasi yang diperlombakan.

Advertisement

Dayung. Ada dua jenis nomor dayung, yaitu coxed dan coxedless, serta sculling. Di nomor coxed terlibat 2, 4, atau 8 atlet pendayung; satu di antaranya bertugas khusus sebagai pengemudi. Dalam sculling, atlet pendayung menggunakan dua buah dayung dan tidak ada yang bertindak sebagai pengemudi.

Kano. Posisi atlet dalam dayung dan kano berbeda. Posisi atlet dalam nomor dayung membelakangi arah, sedangkan dalam nomor kano menghadap ke depan. Ada beberapa jenis nomor kano, antara lain maraton, slalom, surfing, polo, rescue, dan racing sprint kano.
Maraton kano menempuh jarak minimal 20 kilometer untuk putra dan 15 kilometer untuk junior putra-putri. Dalam nomor ini, peserta selain menempuh lintasan sungai juga harus berjalan kaki di darat sambil memanggul kanonya jika sungai yang diarungi terpotong oleh jalan darat.
Slalom kano dilakukan pada kondisi yang sukar. Bila yang dipakai adalah kayak, penumpangnya hanya satu orang. Tetapi bila yang digunakan adalah jenis kano kanada, penumpangnya bisa dua orang. Sungai yang diarungi dalam nomor kano slalom ini berarus deras dan mempunyai banyak rintangan, antara lain batu-batu, air terjun, dan tiang-tiang yang ditancapkan membentuk celah sempit dan harus dilalui para peserta tanpa tersentuh.
Surfing kano, yang disebut juga selancar kano, dilakukan di laut. Peserta harus mengarungkan kanonya di atas gelombang laut.

Polo kano melibatkan dua regu, lima orang lawan lima orang yang berada di dalam kanonya masing- masing. Semua peserta berusaha memasukkan bola ke gawang dengan cara mendorong-dorong bola tersebut.

Rescue kano adalah keahlian menggunakan kano untuk melakukan penyelamatan di atas air.
Di Indonesia, Bali khususnya, surfing dan rescue kano sudah dikenal, tetapi racing sprint kano masih merupakan cabang olahraga baru. Para pendayung dalam nomor surfing dan rescue menekukkan sebelah kakinya sehingga membentuk posisi berlutut. Dua dayung dipakai bila yang digunakan adalah kayak, dan salah seorang peserta diizinkan menjadi pengemudi.

Kelompok Usia dan Berat Badan. Pembagian kelompok usia untuk cabang olahraga dayung ini meliputi junior (18 tahun), senior A dan B (di atas 18 sampai 22 tahun), veteran A sampai F (mulai 27 sampai 60 tahun). Tetapi pengelompokan usia ini tidak berlaku dalam Olimpiade.
Berat badan untuk putra ditentukan 50 kilogram dan untuk putri 45 kilogram. Untuk nomor kelas ringan, berat badan rata-rata pendayung tidak lebih dari 70 kilogram. Untuk jenis single scull, berat badan pendayung tidak lebih dari 72,5 kilogram. Olimpiade tidak mengenal pembagian kelas, tetapi dalam Olimpiade Barcelona tahun 1992 kelas ringan diusulkan untuk disertakan.

Indonesia. Tahun 1962, Indonesia untuk pertama kali mengikuti lomba dayung internasional di Asian Games IX New Delhi. Saat itu Indonesia tidak menggondol apa-apa. Tahun 1982 dibentuk Federasi Dayung Asia, dan Indonesia ikut berperanan dalam pembentukannya. Tahun 1985, Indonesia turun dalam tiga nomor putra Asian Championship di Hong Kong, dan berhasil meraih satu perunggu.

Prestasi gemilang lainnya menyusul dalam Asian Canoe Championship di Zhao Qing, RRC tahun 1987, ketika Indonesia merebut satu emas dan satu perak. Cabang kano dalam SEA Games XIV di Jakarta tahun 1987 menyumbangkan enam emas, empat perak, dan satu perunggu bagi Indonesia.

Indonesia juga mengikuti nomor lomba dayung tradisional sejak tahun 1985. Dalam Hong Kong Dragon Boat, Indonesia berhasil menempati peringkat ketiga. Dalam Brunei Boat Races, Indonesia memperoleh tiga emas dan menjadi juara umum. Tahun 1988, dalam Singapura Dragon Boat, Indonesia keluar sebagai runner up, sedangkan dalam Hong Kong Dragon Boat, Indonesia menempati peringkat keenam.

Sejarah. Jenis olahraga dayung pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Belanda sebelum Perang Dunia II. Ketika itu jenis olahraga ini hanya dikenal di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Klub yang ada masih dimiliki secara pribadi oleh orang Belanda, tetapi berangsur-angsur orang Indonesia boleh masuk menjadi anggota. Klub dayung yang terkenal kala itu adalah “Roli-Vereniging Brantas” di Surabaya, yang kelak menelurkan Klub Dayung PORAS, Surabaya.

Cabang kano di Indonesia tumbuh dari lomba dayung tradisional. Di Indonesia dikenal beberapa jenis lomba perahu tradisional seperti bidar di Sumatra Selatan, jukung di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, lepa-lepa di Sulawesi Selatan, lalu kole-kole di Maluku. Teknik mendayung perahu tradisional Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan Inggris. Perbedaannya terletak pada posisi pendayung: di Indonesia duduk menghadap ke depan, di Inggris menghadap ke belakang.

Tahun 1956, Persatuan Olahraga Air (Peropi) iahir di Indonesia, membawahkan olahraga layar, dayung, selam, ski air, dan power boating. Cabang dayung diperlombakan pertama kali di PON VII Surabaya tahun 1969. Selanjutnya nama Peropi diganti setelah keempat cabang lainnya memiliki induk organisasi sendiri.

Incoming search terms:

  • olahraga dayung
  • peraturan olahraga dayung
  • pengertian olahraga dayung
  • makalah olahraga dayung
  • cabang olahraga dayung
  • sejarah olahraga dayung
  • pengertian dayung
  • peraturan dayung
  • peraturan pertandingan olahraga dayung
  • peraturan lomba dayung

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • olahraga dayung
  • peraturan olahraga dayung
  • pengertian olahraga dayung
  • makalah olahraga dayung
  • cabang olahraga dayung
  • sejarah olahraga dayung
  • pengertian dayung
  • peraturan dayung
  • peraturan pertandingan olahraga dayung
  • peraturan lomba dayung