Advertisement

PRINSIP KEHIDUPAN

Inggris: life principle.

Advertisement

Pengertian

Prinsip kehidupan merupakan sumber substansial dari kegiatan imanen organisme-organisme. Hal ini mau dibedakan dari segala sesuatu yang bersifat inorganis. Dengan mengikuti Aristoteles, para filsuf alam yang bersifat vitalistis menyebut prinsip ini sebagai prinsip imaterial. Prinsip ini menghasilkan keseluruhan organis melalui kausalitas final, yakni enteleki.

 

Enteleki

Enteleki dapat dipahami dari berbagai sudut pandang.

1. Enteleki dilihat sebagai prinsip dari sebuah spesies atau sebagai gagasan yang mewujudkan dirinya dalam materi.

2. Enteleki dipandang sebagai forma esensial (morphe), yang bersama dengan materi pertama, menentukan suatu benda hidup dalam eksistensi (lihat Hylemorfisme).

3. Enteleki dilihat sebagai jantung dan dasar (Actus pertama) dari semua animasi dan karenanya diberikan nama jiwa (yang tidak mutlak perlu sadar).

Beberapa persoalan

1. Tergantung pada bagaimana seorang berpikir tentang kesatuan prinsip kehidupan dengan materi, maka prinsip kehidupan ini dipahami baik sebagai substansi lengkap dalam dirinya sendiri {an assisting form), yang menyatukan dirinya sendiri dengan materi hanya dalam bidang kegiatan. Dan karenanya prinsip ini tidak membentuk suatu kesatuan substansial. Atau juga, prinsip kehidupan ini merupakan sesuatu yang secara substansial tidak lengkap. Ia hanya menjadi suatu keseluruhan yang natural, hidup dengan menginformasikan materi yang juga bersifat tidak lengkap secara substansial.

2. Vitalisme telah berusaha membuktikan adanya prinsip kehidupan dalam organisme-organisme. Suatu penafsiran filosofis yang sahih terhadap banyak pengamatan dan eksperimen sudah dilakukan (Driesch, Spemann, dan lain-lain). Hasil penafsiran ini memperlihatkan bahwa teori mesin kehidupan {a machine theory of life) (yaitu, otomatisme dari jenis apa pun juga dari sistem psiko-kimiawi) tidak dapat menjelaskan keseluruhan primer (primary wholeness) organisme. Keseluruhan ini mengungkapkan diri dalam perkembangan menuju suatu organisme penuh, misalnya dari suatu bagian dari kuncup atau embrio yang berada dalam tahap ontogenesis awal. Atau keseluruhan ini mengungkapkan diri dalam gabungan dari pelbagai embrio atau di dalam mutasi artifisial gen-gen.

3. Sifat material prinsip kehidupan juga mengalir dari sini. Pada saat pemisahan hanya terdapat satu keseluaihan. Dan karenanya juga hanya terdapat satu prinsip keseluruhan yang real melalui pemisahan sederhana organisme, sebagai suatu keseluruhan, dilipatgandakan. Jika suatu struktur yang semata-mata ragawi menurut pola fungsi mesin merupakan suatu sistem material yang diperluas dan didiferensiasikan dalam ruang, yang merupakan dasar bagi keseluruhan, maka struktur ini akan hadir utuh dalam masing-masing bagian sebagaimana ia hadir dalam keseluruhan. Tetapi itu bertentangan dengan ciri spasial dari sebuah mesin. Maka, terdapat suatu prinsip keseluruhan imaterial yang hadir dalam setiap organisme. Dalam setiap organisme prinsip ini secara aktual sacu, tetapi secara potensial, banyak. Yakni, ia secara potensial dapat digandakan sejauh ia dapat digandakan melalui suatu proses pembagian yang sederhana. Prinsip keseluruhan imaterial yang organis semacam ini disebut “prinsip kehidupan”. Perkembangan embrio juga tidak dapat diarahkan hanya dengan suatu sistem mekanis. Karena, di satu pihak, sistem ini akan tetap menjadi individu yang persis sama. Sebab dalam perkembangan individualitas tetap konstan secara penuh. Dan dalam pada itu ia akan menjadi sesuatu yang lain, karena tahap-tahap perkembangan yang berbeda secara suksesif (misalnya, tahap-tahap metamorfosa dalam keluarga serangga) memerlukan mesin-mesin yang berlainan sebagai sebab-sebab. Mesin semacam ini mustahil. Hal yang sama berasal dari fakta perkembangan dan keturunan, regulasi dan restitusi. Hal yang sama ini pula berasal dari perilaku organisme-organisme yang mempunyai tujuan bukan hanya berdasarkan landasan rangsangan-tanggapan. Tetapi perilaku ini juga berdasarkan makna fundamental kegiatan biologis.

Incoming search terms:

  • pengertian prinsip hidup
  • arti prinsip hidup
  • arti lain prinsip hidup

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian prinsip hidup
  • arti prinsip hidup
  • arti lain prinsip hidup