Advertisement

Prinsip Pengetahuan

Kata Latin, principium berarti awal, permulaan atau sumber, cirinya sesuatu dilahirkan, dihasilkan. Kalau dipertentangkan deng prinsip-prinsip eksistensi, ungkapan prinsip-prinsip pengetahu berarti apa yang pertama dan paling dasar dalam pengetahuan kita. (Menurut Aristoteles, apa yang pertama dalam tatanan eksistensi sering hanya dideduksikan dalam bidang pengetahuan manusia.) Maka, yang disebut prinsip-prinsip (pengetahuan) adalah isi-isi pengetahuan yang pertama, langsung, aksioma-aksioma dasar. Ini semua merupakan titik berangkat penalaran induktif dan deduktif.

Advertisement

Dalam arti lebih sempit, prinsip-prinsip terbatas pada proposisi universal langsung atau hampir langsung. Aksioma dasar dalam arti ini mengafirmasikan sesuatu dari semua individu yang terkandung di dalam suatu totalitas yang diungkapkan oleh subjek. Dan ia mengafirmasikan sesuatu dari individu-individu itu dengan keniscayaan mutlak. Misalnya: Dua hal yang sama dengan hal ketiga, juga (secara niscaya) sama satu dengan yang lain. Proposisi- proposisi semacam ini diketahui dan dipergunakan dalam matematika (umumnya disebut “aksioma-aksioma”), dalam metafisika dan logika.

Studi kritis mengenai pengetahuan manusia menyelidiki kesahihan prinsip-prinsip dasar. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bidang ini berhubungan erat dengan pertanyaan psikologis mengenai asal-usul pengetahuan. Empirisme mencoba mengerti semua proposisi universal sebagai generalisasi dari pengalaman partikular yang dicapai secara induktif (induksi). Tetapi induksi keniscayaan dan keuniversalan tak bersyarat dari proposisi-proposisi semacam itu tidak dapat ditentukan secara pasti. Sementara itu pandangan yang menyatakan bahwa prinsip-prinsip dasar dilandasi semacam kesepakatan, juga kurang sahih. (Ini merupakan pandangan konvensionalisme.) Atau, pandangan yang menyatakan bahwa prinsip-prinsip dasar, tanpa bantuan insight (pemahaman), merupakan postulat-postulat yang melulu diterima berdasarkan keniscayaan praktis, kurang sahih.

Menurut Kant, seseorang menemukan prinsip-prinsip dasar hanya dengan kategori-kategori subjek transendental. Namun demikian, kesahihan prinsip-prinsip itu dalam susunan realitas tidak akan terjamin. Sebaliknya, kita menangkap prinsip-prinsip dasar ini dengan pengetahuan a priori. Dalam arti khusus, pengetahuan a priori disebut insight. Insight ini terjadi dengan pandangan sekilas, yang terarah kepada isi-isi konseptual yang ada dalarr subjek dan predikat dari proposisi bersangkutan. Insight itu merupakan pemahaman yang didapatkan secara sekilas yang menghubungkan isi-isi konseptual satu sama lain. Dalam hal ini kin menemukan bahwa predikat mewakili sebagian isi subjek, atau biarpun belum terkandung dalam subjek, isi predikat tetapi se cara niscaya berasal dari isi subjek itu. Dalam hal pertama, kita berbicara mengenai putusan eksplanatoris (explanatory judge ment) atau putusan analitis. (Analisis: “Sebuah segitiga mempu nyai tiga sisi”). Dalam hal kedua, kita berbicara mengenai putusar a priori (a priori amplifying judgement). Secara sederhana da pat disebut a priori sintetis. (Sintetis: misalnya, “Sudut-sudu berhadapan dari sebuah jajaran genjang sama”).

Akhirnya dalam hal putusan a priori sintetis diperlukan ke mungkinan bagi insight. Ini dimaksudkan agar isi-isi subjek dai predikat ditangkap tidak semata-mata secara empiris murni, me lainkan dimengerti secara esensial. Karena itu, prinsip-prinsip da sar yang diintuisikan secara a priori tidak dapat difalsifikasikai dengan pengalaman. Juga prinsip-prinsip itu tidak dapat diverifi kasikan keharusan dan keuniversalannya.

Incoming search terms:

  • prinsip pengetahuan
  • pengetahuan prinsip
  • apa prinsip prinsip dari pengetahuan
  • arti dari pengetahuan prinsip
  • pengetahuan prinsip adalah
  • pengetahuan prinsip artinya
  • pengetahuan tentang prinsip
  • prinsip pengetahuan adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • prinsip pengetahuan
  • pengetahuan prinsip
  • apa prinsip prinsip dari pengetahuan
  • arti dari pengetahuan prinsip
  • pengetahuan prinsip adalah
  • pengetahuan prinsip artinya
  • pengetahuan tentang prinsip
  • prinsip pengetahuan adalah