PROSES KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF MEKANISTIS

107 views

Proses ini berlangsung ketika komunikator mengoperkan atau “melemparkan” dengan bibir kalau lisan atau tangan jika tulisan pesannya sampai ditangkap oleh komunikan. Penangkapan pesan dari komunikator oleh komunikan itu dapat dilakukan dengan indera telinga atau indera mata, atau indera-indera lainnya.

Proses komunikasi dalam perspektif ini kompleks atau rumit, sebab bersifat situasional, bergantung pada situasi ketika komunikasi itu ber-langsung. Adakalanya komunikannya seorang, maka komunikasi dalam situasi seperti itu dinamakan komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi, kadang-kadang komunikannya sekelompok orang; komunikasi dalam situasi seperti itu disebut komunikasi kelompok; acapkali pula komunikannya tersebar dalam jumlah yang relatif amat banyak sehingga untuk menjangkaunya diperlukan suatu media atau sarana, maka komuni-kasi dalam situasi seperti itu dinamakan komunikasi massa. Oleh karena jenis-jenis komunikasi yang termasuk komunikasi dalam perspektif mekanistis ini seringkali menimbulkan permasalahan, maka pembahasannya akan dilakukan secara khusus pada bab yang akan datang.

Untuk jelasnya proses komunikasi dalam perspektif mekanistis dapat diklasifikasikan menjadi proses komunikasi secara primer dan secara sekunder.

Incoming search terms:

  • Mekanistis
  • pengertian mekanistis
  • arti mekanistis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *