Advertisement

RASIONALISME KRITIS

Inggris: critical rationalism.

Advertisement

Pengertian Umum

1. Rasionalisme kritis merupakan kecenderungan dalam filsafat Eropa dan Amerika yang prinsip-prinsip utamanya dirumuskan oleh Popper (dia mencetuskan istilah Rasionalisme Kritis itu). Sistem ini sering ditunjuk dengan istilah-istilah lain, seperti: empirisisme-kritis, kritisisme, atau falsifikasionisme. Beberapa pengikut rasionalisme kritis (misalnya, P. Feyerband) tidak hanya mendukungnya secara aktif, tetapi juga mengritiknya secara tajam. Sedangkan yang lain (misalnya, I. Lakatos), kendati menerima prinsip-prinsipnya, secara resmi ingin berada di luar aliran ini. Rasionalisme kritis menyatakan telah mengembangkan prinsip-prinsip penjelasan rasional tentang pengetahuan, tindakan manusia, gagasan dan lembaga sosial, dan sebagainya, dengan mengritik dan menyempurnakannya.

2. Dari segi filsafat, rasionalisme kritis berupaya keras untuk mempertentangkan prinsip-prinsip utamanya dengan posisi- posisi filosofis tradisional. Tidak seperti skeptisisme dan dogmatisme, rasionalisme kritis mengembangkan prinsip falibilitas yang berarti bahwa pengetahuan ilmiah mana pun bersifat hipotetis dan diterima sejauh belum dipersalahkan. Tidak seperti keinginan untuk membenarkan dan mensubstansiasikan kebenaran formal dari pengetahuan ilmiah, rasionalisme kritis merumuskan gagasan rasionalisme metodologis. Yaitu, kemungkinan untuk mendefinisikan, atas dasar analisis kritis, sejauh mana beberapa hipotesis lebih baik daripada yang lainnya.

3. Akhirnya, tidak seperti instrumentalisme, ajaran ini menegaskan bahwa pengetahuan ilmiah dapat melukiskan realitas. Rasionalisme kritis mencerminkan kesadaran yang ada pada beberapa filsuf modern bahwa pendekatan struktural formal terhadap ilmu itu tidak memadai. Dengan menekankan integritas pengetahuan ilmiah, interdependensi antara tingkat-tingkat observasi dan teori, dan penetrasi organik ilmu ke dalam kebudayaan, penyerapan ilmu oleh prinsip-prinsip filosofis dan aksiologis, maka wakil-wakil rasionalisme kritis berupaya membangun model-model pengetahuan ilmiah interdispliner. Model-model ini dianggap sebagai suatu dialog kritis berkesinambungan antara pelbagai jenis teori ilmiah, antara ilmu dan bukan ilmu.

Incoming search terms:

  • rasionalisme kritis
  • pengertian rasionalisme kritis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • rasionalisme kritis
  • pengertian rasionalisme kritis