RELASI-RELASI INTERNAL

77 views

RELASI-RELASI INTERNAL

Inggris: relations, internal.

Pengertian Umum

Hal-hal berhubungan secara internal jika hubungan yang diungkapkannya mutlak bagi hakikatnya, atau langsung mempengaruhi hakikatnya (atau pemahaman kita tentang istilah-istilah yang terkandung). Contoh: “Manusia adalah makhluk yang berakal budi”.

Ajaran atau Teori Relasi Internal

1. Teori bahwa a) suatu hal adalah apa adanya karena hubungan hubungannya dengan hal-hal lainnya (dan khususnya dengar keseluruhan yang darinya ia merupakan bagian) sebagaiman; adanya. (Tidak ada hal, atau tidak ada bagian dari suatu ha yang menjadi apa adanya jika hubungannya dengan hal-ha lainnya tidak persis seperti adanya.) b) suatu hal adalah api adanya karena hubungannnya dengan hal-hal lainya (dan khu susnya dengan keseluruhan darinya ia merupakan bagian) tidal berbeda dari apa adanya dan apanya yang sudah ada. (Tidal ada hal, atau tidak ada bagian dari suatu hal akan menjad apa adanya jika hubungannya dengan hal-hal lainnya tidal berbeda dari apa adanya pada kenyataannya dan sudah ada.)

2. Pandangan bahwa semua peristiwa di alam semesta secara kausal berkaitan dengan peristiwa-peristiwa lain. Untuk mengetahu kebenaran dari peristiwa apa saja di alam semesta, seseorang harus mengetahui semua sebab yang bekerja atasnya berarti semua yang terjadi di alam semesta.

3. Semua hubungan melekat di dalam hakikat (esensi) hal-ha yang berhubungan itu.

Incoming search terms:

  • relasi internal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *