RELATIVITAS PERSEPSI INDRAWI

20 views

RELATIVITAS PERSEPSI INDRAWI

Inggris: relativity of sense perception.

Pengertian Umum

Relativitas persepsi indrawi didukung oleh argumen-argumen seperti berikut (yang juga digunakan untuk mendukung perbedaan antara “Tampakan/Kenyataan”):

1. Hal yang sama terkadang tampak secara berlainan pada pribadi yang sama. Sebuah jas hujan tampak hitam di dalam sebuah ruang kelas. Jas hujan yang sama tampak ungu dalam cahaya rembulan pada suatu malam berhujan.

2. Hal yang sama kadangkala tampak berbeda pada berbagai pribadi. Jas hujan itu bagiku tampak hitam, tetapi kuning bagi temanku yang buta warna.

3. Kualitas-kualitas yang dapat dicerap seperti warna, bau, panas, bukanlah kualitas yang melekat di dalam objek yang sedang kita amati, melainkan kualitas yang berkaitan dengan struktur alat-alat indra kita. Maka, apa yang kita inderai atau yang dihasilkan di dalam diri kita, berbeda dengan apa yang sebenarnya ada “di sana” dalam kenyataan seperti atom yang bergerak, angkasa yang kosong.

4. Apa yang kita persepsi tidak dapat menjadi seperti tampaknya pada saat kita sedang mempersepsinya, sebab persepsi membutuhkan waktu agar terjadi dan realitas hal-hal untuk semen¬tara telah berubah. Contoh: Matahari sebagaimana kita mempersepsinya sekarang bukan matahari sebagaimana adanya sekarang, tetapi merupakan tampakan dari apa adanya delapan menit yang lalu, atau lebih tepat, suatu tampakan yang disebabkan oleh suatu realitas yang tidak dikenal (dan tidak dapat dikenal) yang ada delapan menit yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *