Advertisement

Meskipun 1962 Teori asosiatif Sarnoff Mednick tentang kreativitas dipelajari paling , Model Charles Spearman kreativitas , mendalilkan pada tahun 1931 , adalah prekursor teori-teori asosiatif yang diikuti . Model Spearman termasuk tiga prinsip : ( 1 ) Prinsip Experience , ( 2 ) Prinsip Hubungan , dan ( 3 ) Prinsip Korelasi , yang paling mirip dengan teori asosiatif Mednick itu .

Mednick menyarankan bahwa solusi kreatif untuk prob -masalah dapat dicapai melalui tiga proses keberuntungan , kesamaan , atau mediasi . Menurut Mednick , melalui kebetulan ” elemen asosiatif diperlukan dapat ditimbulkan contiguously oleh berdekatan [close proximity ] penampilan lingkungan [ biasanya sengaja ] rangsangan yang menimbulkan unsur-unsur asosiatif ” ( misalnya , penemuan penisilin ) . Kesamaan adalah di mana ” elemen asosiatif diperlukan dapat ditimbulkan sebagai akibat dari kesamaan [ pada beberapa dimensi ] elemen asosiatif atau kesamaan rangsangan memunculkan unsur-unsur asosiatif ” ( misalnya , penggunaan homonim secara tertulis ) . Terakhir, mediasi adalah proses dimana unsur-unsur ” asosiatif diperlukan dapat membangkitkan dalam persentuhan melalui perantaraan elemen umum . ” Sebuah contoh akan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan lalat langit-langit , ide yang mungkin datang melalui urutan asosiatif dari ‘ langit-langit – . lantai vacuum cleaner ‘ [ . Lihat SERENDIPITY ]
Proses berpikir kreatif didefinisikan oleh Mednick sebagai ” pembentukan elemen asosiatif menjadi kombinasi baru yang baik memenuhi persyaratan yang ditentukan atau dalam beberapa cara yang berguna . Semakin saling remote elemen dari kombinasi baru , semakin kreatif proses atau solusi. ” Selain itu , Mednick mengusulkan bahwa kreativitas adalah fungsi ” hirarki asosiatif individu . ” Hirarki ini adalah cara di mana individu menghasilkan asosiasi masalah .

Advertisement

Konsep Mednick tentang hierarki asosiatif . Lereng ini menunjukkan bahwa individu dengan gradien curam cenderung memberikan asosiasi yang sama , tetapi hanya sedikit asosiasi jarang kata atau masalah . Menurut Mednick , orang-orang dengan gradien datar awalnya memberikan asosiasi yang sama , tapi kemudian lebih mungkin untuk membuat asosiasi lebih jarang atau unik . Mednick meramalkan bahwa orang yang kreatif akan menunjukkan hirarki datar ( kemiringan ) dan bahwa orang yang kurang kreatif akan menunjukkan hirarki curam ( kemiringan ) . Mednick menyarankan juga bahwa seorang individu yang mengembangkan sejumlah besar asosiasi untuk masalah memiliki probabilitas yang lebih besar untuk mengembangkan solusi kreatif untuk masalah ini . Selain itu, ia berspekulasi bahwa ” dipelajari sebelumnya atau bawaan metode masalah mendekati cenderung akan mempengaruhi kemungkinan solusi kreatif. ”

Alternatif ” bisociative ” teori menyatakan bahwa kreativitas melibatkan menghubungkan bersama frame sebelumnya tidak berhubungan acuan atau konteks asosiatif . Tidak ada prediksi yang valid terkait dengan kreativitas yang dihasilkan dari teori yang menarik ini .

Incoming search terms:

  • elemen kreatifitas

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • elemen kreatifitas