Advertisement

Bukan saja merupakan warisan budaya tertua di dunia, tetapi juga bernilai tinggi. Karya-karya seni visual Cina paling sedikit dimulai sejak tahun 4000 SM. Banyak di antara karya seni kuno yang mengagumkan ini ditemukan pada makam raja-raja dan makam para saudagar kaya. Puncak kegemilangan karya seni Cina terjadi selama pemerintahan empat dinasti. Keempat dinasti itu adalah Han (202 SM-220 M), Tang (618-907), Sung (960-1279), dan Ming (1368-1644). Karya seni gemilang dari keempat dinasti tersebut tidak hanya dalam bentuk lukisan dan pahatan, tetapi juga berupa barang tembikar, ukiran gading, batu giok, dan batu permata lainnya. Perabot rumah tangga, barang-barang hiasan, dan seni menata ruangan serta seni taman masih banyak ditiru hingga sekarang.

Dalam bidang seni, pemerintahan komunis yang berkuasa di Republik Rakyat Cina sekarang menekankan dua hal. Pertama, seni harus tumbuh dari rakyat, yakni dari petani, pekerja, dan serdadu, serta diabdikan untuk kepentingan rakyat. Kedua, karya seni harus menampilkan semua tujuan yang hendak dicapai oleh pemerintahan komunis. Dengan demikian, yang; tampak saat ini adalah karya seni yang menampilkan berbagai kejadian selama revolusi komunis, atau kehidupan sehari-hari para petani dan pekerja kasar. Selain itu, pemerintah komunis juga mendukung pelestarian berbagai tarian rakyat dan seni tradisional masyarakat minoritas Cina.

Advertisement

Kesusastraan Cina termasuk yang tertua di dunia. Karya sastra pertama yang dianggap besar berupa kumpulan puisi yang dinamakan Penuntun Nyanyian. Beberapa bagian puisi ini diperkirakan ditulis sejak tahun 1100-an SM.
Seni lukis sudah merupakan bidang seni yang tak terpisahkan paling tidak sejak tahun 300-an SM. Objek lukisan ketika itu masih berkisar pada manusia Tetapi memasuki tahun 900, pemandangan alam daft binatang, terutama burung dan ikan, menjadi inti seni lukis Cina. Selama pemerintahan Dinasti Sung, banyak seniman melukis pemandangan alam yang dise- ‘buf shan-shui (air pegunungan). Bentuk lukisan ini memperlihatkan puncak-puncak gunung dan permukaan air yang tampak sangat luas. Melalui lukisan ini, para seniman mencoba menghadirkan keselarasan antara alam dan jiwa manusia.
Karya lukis Cina bertalian sangat erat dengan puisi dan kaligrafi. Secara turun-temurun, orang Cina menganggap kaligrafi sebagai bagian dari seni lukis. Sejak tahun 1200-an, para pelukis Cina mulai cenderung memadukan shan-shui dengan karya bertulis yarn menjadi bagian dari keseluruhan rancangan karya seni. Biasanya, karya bertulis ini terdiri atas puisi dan keterangan tentang berbagai kejadian yang mengilhami penciptaan lukisannya.

Kuas yang digunakan oleh para seniman untuk melukis dan membuat kaligrafi sama. Kuas ini terdiri atas tangkai bambu atau kayu dengan bulu-bulu binatang yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk ujung yang sangat pas. Seorang seniman mampu menorehkan berbagai bentuk garis dengan menyesuaikan sudut kuas dan tekanan pada kuas tersebut. Tinta yang sangat digemari oleh para seniman Cina biasanya berwarna hitam yang terbuat dari arang kayu cemara bercampur lem. Zat pewarna dari tumbuh-tumbuhan dan mineral biasanya dipakai sebagai pewarna lukisan. Para pelukis juga melukis di atas gulungan-gulungan kain sutera. Dengan demikian, mutu lukisan mereka bisa dipertahankan karena gu¬lungan kain sutera itu mudah disimpan.

Karya pahatan Cina paling awal berupa patung-patung kecil pada nisan. Para seniman pahat yang hidup pada jaman Dinasti Shang (1766-1122 SM) dan Dinasti Chou (1122-256 SM) terutama menggunakan bahan perunggu dan batu giok. Mera menciptakan bejana-bejana berukir berbagai bentuk hewan dengan ukiran yang sangat rumit untuk digunakan dalam upacara pengorbanan bagi arwah leluhur.

Kerajinan tembikar telah dihasilkan Cina sejak jaman prasejarah. Alat pembuatan barang tembikar sudah dikenal sebelum tahun 2000 SM. Barang tembikar dalam bentuk gelas sudah diciptakan sejak awal tahun 1300 SM. Selama masa pemerintahan Dinasti Tang, Cina menampilkan karya porselen yang pertama di dunia. Karya porselen ini mencakup berbagai bentuk piring dan jambangan. Piring dan jambangan porselen yang dihasilkan selama masa pemerintahan Dinasti Tang, Sung, Ming, dan Ching termasuk dalam karya seni Cina yang bernilai sangat tinggi.

LAUT CINA SELATAN
Dihubungkan dengan Laut Cina Timur oleh Selat Formosa. Di bagian barat, laut ini mencakup Teluk Tonkin dan Thailand; di timur berbatasan dengan Semenanjung Manila. Laut ini menjadi tempat bermuaranya Sungai Mekong dan Menam; di sepanjang pantainya berdiri pelabuhan Kanton, Hong Kong, Haipong, dan Manila. Luasnya 3.370.000 kilometer persegi.

Incoming search terms:

  • seni rupa china
  • seni rupa cina
  • sejarah seni rupa di cina
  • yang bukan karya seni rupa dari cina adalah
  • seni rupa di cina
  • karakteristik puisi china
  • yang bukan seni rupa dari cina adalah
  • contoh seni di cina
  • bukan karya seni rupa cina
  • yg bukan karya termasuk karya seni rupa dari cina adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • seni rupa china
  • seni rupa cina
  • sejarah seni rupa di cina
  • yang bukan karya seni rupa dari cina adalah
  • seni rupa di cina
  • karakteristik puisi china
  • yang bukan seni rupa dari cina adalah
  • contoh seni di cina
  • bukan karya seni rupa cina
  • yg bukan karya termasuk karya seni rupa dari cina adalah