Advertisement

Berbagai pengaruh merugikan yang ditimbulkan karena polusi NOx bukan disebabkan oleh okside tersebut, tetapi karena peranannya dalam pembentukan oksidan fotokimia yang merupakan komponen berbahaya di dalam asap. Produksi oksidan tersebut terjadi jika terdapat polutan-polutan lain yang mengakibatkan reaksi-reaksi yang melibatkan NO dan N02. Reaksi-reaksi tersebut disebut siklus fotolitik N02 dan merupakan akibat langsung dari interaksi antara sinar matahari dengan N02. Tahap-tahap reaksi tersebut seperti terlihat pada Gambar 11.1 adalah sebagai berikut:

  1. N02 mengabsorbsi enersi dalam bentuk sinar ultraviolet dari matahari.
  2. Enersi yang diabsorbsi tersebut memecah molekul-molekul N02 menjadi molekul-molekul NO dan atom-atom oksigen (O). Atom oksigen yang terbentuk bersifat sangat reaktif.
  3. Atom-atom oksigen akan bereaksi dengan oksigen atmosfer (02) membentuk ozon (03) yang merupakan polutan sekunder.
  4. Ozon akan bereaksi dengan NO membentuk N02 dan 02 sehingga reaksi menjadi lengkap.

Pengaruh dari siklus tersebut di atas adalah terj adinya sikl us N02 secara cepat, dan jika tidak terdapat reaktan lainnya di atmosfer, siklus tersebut tidak akan berpengaruh apapun. Konsentrasi NO dan N02 di udara tidak akan berubah karena 03 dan NO akan terbentuk dan hilang dengan jumlah yang seimbang.

Advertisement

Reaksi yang mungkin mengganggu terhadap siklus fotolitik tersebut adalah jika terdapat hidrokarbon yang sering dihasilkan bersama-sama dengan sumber NOx. Hidrokarbon akan berinteraksi sedemikian rupa sehingga siklus tersebut menjadi tidak seimbang sehingga NO akan diubah menjadi N02 dengan kecepatan lebih tinggi daripada disosiasi N02 menjadi NO dan O. Keadaan ini mengakibatkan terkumpulnya ozon di atmosfer.

Incoming search terms:

  • arti fotolitik
  • maksud dari fotolitik
  • proses fotolitik adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti fotolitik
  • maksud dari fotolitik
  • proses fotolitik adalah