Advertisement

Sistem pakar adalah program komputer yang bertindak seperti konsultan ahli dalam prognosticating situasi atau mendiagnosis masalah . Ini mencapai ini dengan mengacu pada database besar pengetahuan khusus di daerah tertentu , dan dengan menggunakan aturan anggapan untuk menarik kesimpulan . Namun demikian, untuk sistem pakar untuk beroperasi dengan baik , prasyarat tertentu yang diperlukan . Masalah perlu didefinisikan secara jelas dan sempit dalam lingkup . Memperluas lingkup masalah mungkin tidak menyebabkan memuaskan out- datang . Sebagai contoh, sementara sistem pakar dapat memecahkan masalah sempit didefinisikan memilih cara terbaik yang digunakan untuk menyampaikan pesan promosi untuk kampanye komunikasi pemasaran tertentu , mungkin tidak dapat menunjukkan sifat yang tepat dari pesan . Jadi sementara sistem pakar mungkin dibuat untuk memandu satu melalui proses pemecahan masalah secara kreatif , mereka mungkin tidak membantu di mana isu-isu ambigu , subyektif, atau kreatif dipertaruhkan .

Ada juga harus ahli di bidang masalah yang dapat mengekspresikan pengetahuan mereka sebagai pedoman umum untuk pengambilan keputusan atau jenis tertentu dari pemecahan masalah . Jadi sementara program komputer dapat menyediakan kerangka kerja untuk membimbing orang melalui proses pemecahan masalah secara kreatif , tidak bisa serta merta memberikan saran ahli diperlukan untuk solusi dari masalah yang membutuhkan wawasan kreatif dan dengan demikian mungkin tidak memenuhi persyaratan yang tepat dari sistem pakar .

Advertisement

Sistem pakar telah terbukti efektif dalam sejumlah domain masalah dan terutama digunakan sebagai pemecah masalah khusus . Daerah ini dapat mencakup mencakup hukum , kimia, biologi , rekayasa, manufaktur , aerospace, operasi militer , keuangan, perbankan , meteorologi , dan geologi . Sistem pakar menggunakan pengetahuan bukan data untuk mengontrol proses solusi . Teknologi ini telah membuat jalan ke hampir di mana-mana bahwa para ahli manusia hidup . Sistem pakar telah diterapkan di fasilitas medis , diagnosis perangkat mekanik , perencanaan eksperimen ilmiah , operasi militer , dan mengajar siswa tugas-tugas khusus .

Sistem yang berhubungan dengan pemasaran telah dikembangkan untuk menetapkan tujuan pemasaran dan menyarankan pilihan strategi , memilih strategi iklan kreatif , memilih di antara proposal alternatif untuk copy iklan , merekomendasikan taktik promosi , portofolio produk rencana , dan layar konsep produk baru .

Advertisement