SUMBER ENERGI DASAR: KAYU, AIR, DAN ANGIN

63 views

Sumber Energi Dasar: Kayu, Air, dan Angin.
Kayu sudah dimanfaatkan para petani, yang menggunakan­nya sebagai bahan bakar untuk membuat batu bata. Pada 200 SM kayu dikonsumsi secara besar-besaran untuk memanggang batu kapur guna dijadikan bahan bangunan dan keramik. Selanjutnya jaman perung­gu yang disusul jaman besi menandai penggunaan kayu secara besar-besaran. Penggundulan hutan yang disusul banjir dan erosi terjadi di berbagai tempat. Diduga banyak gurun yang ada sekarang, dulu ada­lah rimba raya. Masih banyak negeri yang menggu nakan kayu sebagai sumber utama energi bagi rakyat­nya, misalnya Brasil.

Air, yang mempunyai bertenaga besar mulai diman­faatkan pada jaman Kerajaan Romawi dengan kilang- kilang airnya. Revolusi industri setelah ditemukannya mesin uap menyebabkan kilang air ditinggalkan orang dan digantikan dengan bendungan besar dan pem­bangkit tenaga listrik. Namun pemanfaatan air seba­gai sumber energi sering bersaing dengan tujuan per­tanian: apakah suatu lembah lebih menguntungkan bila dijadikan lahan pertanian ataukah dijadikan wa­duk. Pada waduk di daerah kersang, air yang berharga untuk pertanian akan menguap. Lagi pula, lama- kelamaan lumpur dan endapan akan mendangkalkan waduk itu.

Tenaga air akibat pasang-surut telah dimanfaatkan orang sejak abad ke-12. Namun baru dalam tahun 1960 di Perancis didirikan pabrik besar pembangkit listrik air pasang yang pertama. Termasuk di sini energi yang diperoleh dari kukus. Kukus ini dihasil­kan dari air tanah yang dipanaskan oleh panas bumi dari gunung berapi. Misalnya di Kalifornia, Meksi­ko, Eslandia dan Selandia Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *