Advertisement

Konsentrasi timbal di udara di daerah perkotaan kemungkinan mencapai 5 sampai 50 kali daripada di daerah-daerah pedesaan. Semakin jauh dari daerah perkotaan, semakin rendah konsentrasi Pb di udara. Timbal yang mencemari udara terdapat dalam dua bentuk, yaitu berbentuk gas dan partikel-partikel. Gas timbal terutama berasal dari pembakaran bahan aditif bensin dari kendaraan bermotor yang terdiri dari tetraetil Pb dan tetrametil Pb. Partikel-partikel Pb di udara berasal dari suinber-sumber lain seperti pabrik-pabrik alkil Pb dan Pb-okside, pembakaran arang, dan sebagainya. Polusi Pb yang terbesar berasal dari pembakaran bensin, di mana dihasilkan berbagai komponen Pb, terutama PbBrCl dan PbBrC1.2PbO.

Komponen-komponen Pb yang rnengandung halogen terbentuk selama pembakaran bensin karena ke dalam bensin sering ditambahkan cairan antiletupan yang rnengandung scavenger kimia. Bahan antiletupan yang aktif terdiri dari tetraetil Pb atau Pb(C2H5)4, tetrametil Pb atau Pb(CH3)4, atau kombinasi dari keduanya. Scavenger ditambahkan supaya dapat bereaksi dengan komponen Pb yang tertinggal di dalam mesin sebagai akibat pembakaran bahan antiletupan tersebut. Komponen-komponen Pb }ang dapat merusak mesin jika tertinggal, bereaksi dengan scavenger dan membentuk gas pada suhu tertentu saat mesin dijalankan, sehingga akan keluar bersama dengan bahan-bahan lainnya dan tidak akan merusak mesin. Dua macam scavenger yang sering digunakan adalah etilen dibromide (C2H4Br2) dan etilen dikhloride (C2H4C12). Bahan aditif yang ditambahkan ke dalam bensin terdiri dari 62% tetraetil Pb, 18% etilen dibromide, 18% etilen dikhloride, dan 2%) bahan-bahan lainnya.

Advertisement

Jenis dan jumiah komponen-komponen Pb yang diproduksi dari asap mobil dapat dilihat pada Tabel 6.2, dimana kolom pertama menunjukkan komposisi asap mobil segera setelah mobil distarter, sedangkan kolom kedua menunjukkan komposisi asap mobil 18 jam setelah starter. Data komposisi asap mobil setelah 18 jam menunjukkan bahwa komposisi Pb mungkin mengalami reaksi ketika dilepaskan di udara. Cara menangkap asap mobil dalam percobaan ini dilakukan dengan menampung asap di dalam kantung berwarna hitam yang diisi udara bersih kering, kemudian campuran tersebut dianalisis 18 jam kemudian. Dari data tersebut terlihat bahwa komponen Pb yang terdapat dalam jumlah tinggi di dalam asap mobil terutaina adalah Pb oksikarbonat (PbC03.2Pb0), Pb okside (PbOx), dan Pb karbonat (PbC03).

Public Health Service di Amerika Serikat menetapkan bahwa sumber-sumber air alami untuk masyarakat tidak boleh mengandung Pb lebih dari 0.05 mg/I (0.05 ppm), sedangkan WHO menetapkan batas Pb di dalam air sebesar 0.1 mg/1.

Di Eropah pernah terjadi keracunan Pb beberapa tahun yang lalu yang disebabkan oleh pipa-pipa air yang dibuat dari Pb. Tetapi pada saat ini pipa-pipa air kebanyakan dibuat dari besi. Sebenarnya penggunaan pipa-pipa Pb tidak berbahaya untuk mengalirkan air alami karena sifat kesadahan air tersebut. Air sadah mengandung ion-ion karbonat (C03=) dan sulfat (S04=) yang bereaksi dengan Pb membentuk lapisan pelindung yang tidak larut air yaitu PbC03 dan PbS04.

Pencemaran Pb juga pernah dilaporkan terjadi di dalam minuman beralkohol (wiski) yang diproduksi sebagai industri rumah, dan di dalam minuman yang disimpan di dalam wadah keramik yang dilapisig/aze. Dalam tahun 1969, dilaporkan bahwa 30% dari contoh-contoh wiski yang diproduksi sebagai industri rumah yang tidak legal di Atlanta mengandung Pb lebih dari 1 mg per liter, yaitu 20 kali melebihi batas Pb di dalam air yang ditetapkan oleh Public Health Service. Sumber pencemaran Pb di dalam wiski ternyata berasal dari solder Pb yang digunakan di dalam tabung-tabung dalam unit distilasi, dan dari radiator mobil yang mengandung Pb yang digunakan sebagai kondenser.

Glaze keramik yang mengandung Pb merupakan sumber keracunan Pb yang berbahaya jika digunakan untuk melapisi wadahwadah makanan yang terbuat dari keramik. Minuman-minuman berasam tinggi seperti sari buah apel dan jeruk dapat melarutkan glaze dan membebaskan Pb ke dalam minuman jika formulasi glaze yang digunakan tidak tepat. Dalam tahun 1970 dilaporkan bahwa seorang anak laki-laki di Montreal, Kanada, meninggal karena meminum sari buah apel yang disimpan di dalam botol yang terbuat dari tanah liat. Analisis terhadap sari buah apel menunjukkan bah wa sari buah apel yang disimpan di dalam botol yang dilapisig/aze tersebut selama 3 jam mengandung 57 mg Pb/ 1, sedangkan setelah 3 hari kandungan Pb mencapai 1300 mg/1.

Semua bahan pangan alami mengandung Pb dalam konsentrasi kecil, dan selama persiapan makanan mungkin kandungan Pb akan bertambah. Makanan-makanan asam dapat melarutkan Pb dari peralatan masak, alat-alat makan, dan wadah-wadah penyimpanan yang terbuat dari alloy Pb atau keramik yang dilapisi glaze.

Tanah mungkin mengandung komponen Pb arsenat yang stabil karena komponen ini banyak digunakan sebagai pestisida sebelum perang dunia ke II. Tetapi pada saat ini pestisida tersebut tidak digunakan lagi karena telah banyak diganti dengan pestisida organik. Di daerah-daerah pertanian yang dekat dengan jalanjalan raya pada umumnya kandungan Pb pada hasil-hasil pertaniannya lebih tinggi dibandingkan dengan hasil-hasil pertanian yang dipanen dari daerah-daerah yang jauh dari jalan raya. Hal ini menunjukkan bahwa pencemaran Pb umumnya berasal dari kendaraan-kendaraan bermotor.

Incoming search terms:

  • sumber pencemaran timbal
  • sumber pencemar pb
  • sumber pencemaran timbal (pb)

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • sumber pencemaran timbal
  • sumber pencemar pb
  • sumber pencemaran timbal (pb)