TEKNIK SOSIOMETRI DALAM PENELITIAN SOSIOLOGI

79 views

Teknik sosiometri diciptakan oleh J.L. Marone (1934). Sosiometri adalah suatu cara yang bertujuan untuk meneliti interaksi-interaksi sosial dari anggota- anggota suatu kelompok. Interaksi yang diteliti beraneka ragam sifatnya, yaitu baik yang berhubungan dengan kelakuan riil, maupun dengan yang diinginkan atau dihayalkan. Pilihan sosial yang positif dan penolakan sosial dipersoalkan oleh sosiometri.Pilihan dengan memakai kuesioner, meminta kepada seseorang atau setiap orang yang diteliti (dengan jaminan bahwa masing-masing pilihan akan dirahasiakan) untuk menulis nama mereka sendiri serta nama dari mereka dengan siapa ia inginkan atau tidak inginkan. Jadi pilihan sosial positif maupun penolakan dipersoalkan. Lindzey dan Borgatta (1959) mempersoalkan hal-hal tersebut secara panjang lebar. Sebagai titik to-lak umum dikemukakan bahwa suatu test sosiometri harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Test harus berhubungan dengan suatu kelompok yang tertutup, artinya bahwa pilihan sosial semata- mata berhubungan dengan anggota kelompok tersebut dan tidak dengan orang luar.
  2. Setiap anggota kelompok harus diberi kesempatan untuk memilih anggota lain dan ia juga harus dapat dipilih oleh anggota lain.
  3. Pilihan harus didasarkan atas suatu masalah, yaitu masing-masing anggota kelompok harus mengadakan pilihannya berdasarkan suatu kriteria yang jelas sehingga mereka tahu tujuan apa yang mereka menerima atau menolak anggota-anggota sekelompoknya.
  4. Baik pilihan sosial (penerimaan sosial) maupun yang negatif (penolakan) sosial harus dipersoalkan dalam test tersebut.
  5. Validitas dari test lebih tercapai kalau kriteria yang dipakai bagi pilihan-pilihan adalah riil, artinya mempunyai konsekuensi sosial.
  6. Biasanya pilihan sosial dibatasi sampai beberapa orang saja yang jarang melebihi tiga orang, terutama kalau tujuannya berhubungan dengan membuat sosio gram.

Incoming search terms:

  • teknik sosiometri
  • teknik sosiometri sosiologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *