Advertisement

TEORI LINGKARAN BUDAYA

Inggris: theory of cultural cycles

Advertisement

1. Suatu ajaran yang mempertahankan bahwa dalam proses perkembangannya, sejarah dan kebudayaan selalu berulang secara tak terelakkan. Ajaran ini lahir karena metode komparatif-historis. Menjelang abad ke-20 masalah penetapan tolok ukur analisis komparatif menuntut pemecahan yang mendesak. Tuntutan ini berdasarkan takta yang semakin jelas bahwa perbandingan dan analogi sejarah pada umumnya hanya menyangkut pola proses historis bukan isi proses sejarah.

2. Teori Lingkaran Budaya menawarkan jalan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan sehubungan dengan hal tersebut. Tokoh-tokoh teori ini (Spengler, Toynbee) beranggapan bahwa analogi historis tidak membutuhkan rasionalisasi, karena jelas sendiri. Sebab, sinkronisme, dan hakikat siklus proses-proses budaya-historis dianggap sebagai evidensi satu-satunya eksistensi hukum-hukum sejarah universal. Penyimpangan sosial dari teori ini dising-

kapkan dalam ajaran Spengler. Dia mengemukakan bahwa tindakan historis didasarkan pada peniruan sadar akan masa lampau. Apa arti dan maksud filsafat ini dalam praktiknya dapat dilihat dalam ideologi fasisme, yang mengambil prinsip-prinsip dasar historisme Spengler.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud lingkaran budaya

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud lingkaran budaya