rational choice theory (teoripilihan rasional)

Teori pilihan rasional (rational choice theory — RCT) atau sering disebut teori tindakan rasional (rational action theory— RAT) menganut pandangan bahwa satuan-satuan perilaku (biasanya dari setiap orang) mengoptimasikan pilihan- pilihan (tindakan-tindakan) mereka dalam kondisi-kondisi tertentu. Dalam bahasa sehari-hari, individu-individu (satuan-satuan) itu melakukan sesuatu yang dapat mereka lakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kondisi yang ada.

RCT sama sekali tidak terkait dengan pandangan populer tentang apa yang “terbaik”, tetapi karena tidak ada bukti yang bertentangan maka biasanya menimbulkan asumsi bahwa individu-individu mencari sendiri untuk mereka sendiri (self-regard). Namun ada model-model RCT altruisme (kebersamaan) dan kedengkian. Teori evolusioner sering digunakan untuk membenarkan rasa percaya diri itu, dengan menuntut untuk ditunjukkan bahwa kepercayaan diri hidup dalam lingkungan-lingkungan yang kompetitif. Namun ini bersifat kontroversial.

Ini merupakan asumsi tindakan mengoptimalisasi , yaitu bila dipadukan dengan deskripsi-deskripsi berbagai kondisi tindakan akan memberikan kepada RCT kemampuan-kemampuan untuk memprediksi (memberi penjelasan). Mungkin ini juga digunakan secara normatif untuk membimbing tindakan-tindakan ke arah yang optimal. Perbedaan-perbedaan kondisi tindakan menimbulkan berbagai variasi tipe teori yang sesuai secara analitik. Perbedaan paling mendasarnya adalah antara kondisi-kondisi parametrik dan kondisi-kondisi strategik. Yang disebut pertama berarti bahwa pengambil keputusan atau pelaksana tindakan, bila mengoptimalisasi, tidak perlu membuat perhitungan tentang bagaimana orang-orang lain akan membuat perhitungan mengenai apa yang dilakukan oleh pelaku focal, dalam mengambil keputusan. Bila ini yang terjadi, maka teori yang tepat adalah teori keputusan. Sebaliknya, bila pelaku focal perlu membuat perhitungan mengenai bagaimana orang lain akan memilih (tindakan) dalam mengambil keputusan (tindakan-tindakan) mereka sendiri, maka kondisi-kondisi itu bersifat strategik. Teori permainan adalah teori pilihan /tindakan strategik.

Kondisi-kondisi yang diasumsikan dalam teori keputusan adalah sebagai berikut: pertama, pengambil keputusan dapat melakukan tindakan alternatif, kedua, tingkat kepastian pengambil keputusan mengenai hasil-hasil yang relevan dari setiap tindakan yang ada, dan ketiga, peringkat pengambil keputusan mengenai tindakan-tindakan yang ada berdasarkan peringkat hasil-hasil yang relevan itu. Secara konvensional tingkat kepastian pengambil keputusan dibagi menjadi tiga tipe: keputusan dengan kepastian di mana pelaku tindakan (pengambil keputusan) yakin benar mengenai hasil-hasil yang relevan; keputusan-keputusan dengan risiko di mana pengambil keputusan dengan suatu cara bisa menetapkan pro-babilitas terhadap hasil-hasil itu; keputusan dengan ketidakpastian di mana pengambil keputusan bahkan tidak dapat menetapkan probabilitasnya. Jika keputusan diambil dalam kepastian pilihan optimal merupakan tindakan berperingkat paling tinggi jika keputusan diambil dengan risiko teori kemanfaatan yang diharapkan biasanya disebar-luaskan. Analisis terhadap keputusan-keputusan yang diambil dengan ketidakpastian bersifat kontroversial tetapi biasanya melibatkan upaya untuk menetapkan beberapa jenis probabilitas.

Teori permainan (games theory) mengem-bangkan RCT kepada situasi-situasi strategik. Permainan bisa diklasifikasikan dengan banyak cara, termasuk zero-sum dan non-zero-sum-. bentuk normal (atau strategik) dan bentuk ekstensif informasi yang lengkap dan yang tidak lengkap; informasi yang sempurna dan yang tidak sempurna; kooperatif dan non-kooperatif kepastian sekali tembak atau kepastian berulang-ulang (atau berkali-kali secara tidak pasti). Pada umumnya ada kecenderungan untuk menerima pendapat bahwa permainan kooperatif bisa disederhanakan menjadi permainan non-kooperatif, dengan memasukkan beberapa gerakan tawar-menawar secara dini. Keseimbangan Nash adalah konsep solusi fundamental (yang bersifat prediktif atau normatif). Keseimbangan Nash adalah seperangkat (tindakan) strategi (masing-masing satu tindakan untuk setiap pelaku/pemain) sehingga tidak ada satu pun terdorong untuk mengubah strategi yang diberikan [sementara] pemain-pemain lain memainkan strategi-strategi yang dikhususkan dalam perangkat itu. Beberapa permainan memiliki lebih dari satu keseimbangan Nash maka kriteria tambahan harus diterapkan pada satu solusi (yang disebut seleksi keseimbangan). Teori permainan adalah teori interaksi sosial yang semakin banyak digunakan dalam ilmu-ilmu sosial, terutama ilmu ekonomi, dan sekarang berkembang dalam sosiologi dan ilmu politik juga.

Incoming search terms:

  • teori pilihan rasional
  • Jelaskan yang dimaksud dengan pilihan yang rasional
  • pengertian pilihan yang rasional
  • pilihan rasional
  • pengertian pilihan rasional
  • pengertian teori pilihan rasional
  • apa yang dimaksud dengan pilihan yang rasional
  • pilihan yang rasional
  • jelaskan yang dimaksud dengan pilihan rasional
  • apa yang dimaksud pilihan rasional

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • teori pilihan rasional
  • Jelaskan yang dimaksud dengan pilihan yang rasional
  • pengertian pilihan yang rasional
  • pilihan rasional
  • pengertian pilihan rasional
  • pengertian teori pilihan rasional
  • apa yang dimaksud dengan pilihan yang rasional
  • pilihan yang rasional
  • jelaskan yang dimaksud dengan pilihan rasional
  • apa yang dimaksud pilihan rasional