Advertisement

Tips cara mengatasi stress, Saat pikiran penat dan gejala stres terasa dekat, carilah tempat yang tenang untuk menenteramkan pikiran. Bila memungkinkan, biarkan diri terlelap sejenak di kursi, meja, atau sofa agar amarah dan kekalutan menguap. Penelitian terbaru membuktikan, tidur selama beberapa menit ampuh menurunkan tekanan darah yang melonjak saat dirundung stres. Berapa lama tepatnya waktu tidur yang kita butuhkan?

TIDUR SELAMA 6 MENIT

Advertisement

Tidur selama 6 menit lebih baik daripada tidak tidur sama sekali. Selama kurun waktu itu. bagian otak yang bertugas mengolah memori bekeria menyediakan ruang kosong untuk menerima informasi baru. Setelah bangun, pikiran terasa lebih segar, seperti mendapat suntikan energi untuk kembali bekerja.

TIDUR SELAMA 20 MENIT

Dalam 20 menit, tubuh menjadi relaks. Tarikan napas dan manfaatnya. Saat bangun Otak akan “membersihkan informasi yang tidak penting dan menyediakan “ruang” untuk memori baru. Jika kita sedang dalam kondisi kekurangan tidur, kita dapat masuk ke tahap tidur REM (rapid eyes movements) lebih cepat daripada biasanya (setelah 70-90 menit).

TIDUR SELAMA 90 MENIT

Ini adalah waktu istirahat sejenak yang ideal. Dalam 90 menit, kita dapat tidur nyenyak dan masuk ke tahap deep sleep. Selama kurun waktu ini, tubuh akan melakukan perbaikan pada organ atau sel yang bermasalah, sehingga kesegaran datang di saat terjaga. Orang yang kekurangan tidur dapat masuk ke tahap deep sleep lebih lama dari 90 menit.

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags: