Advertisement

Terapkan kebiasaan yang benar untuk menjauhkan diri dari diabetes.

Saat ini, jumlah penderita diabetes di seluruh dunia semakin meningkat. WHO menyebutkan, Indonesia berada pada urutan ke-4 sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Pada 2006, sebanyak 14 juta orang diketahui menderita diabetes. Sekarang, kemungkinan besar angka tersebut sudah bertambah.

Advertisement

Para ahli menyebut faktor gaya hidup buruk sebagai pemicu terbanyak penyakit diabetes. Beberapa yang memperbesar risikonya, yaitu kelebihan berat badan, tidak pernah berolahraga, mempunyai kadar gula darah di atas normal, dan tekanan darah tinggi. Bila kita memiliki satu saja dari kondisi tersebut, artinya kita sudah berisiko terhadap diabetes. Sebelum terlambat, segera lakukan tindakan pencegahan seperti berikut:

1. Jaga berat badan tetap ideal. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan pembuka (appetizer) sebelum masuk ke menu utama. Salad dengan dressing rendah kalori (apapun jenisnya) adalah pilihan makanan pembuka yang direkomendasikan oleh para ahli. Karena perut sudah terisi, kita jadi terkondisi untuk menyantap hidangan utama dalam jumlah terbatas. Jadikan ini sebagai kebiasaan.

2.Hindari Stres. Saat pikiran berada dalam tekanan, produksi gula darah meningkat. Insulin pun dipaksa untuk bekerja. Bila terjadi resistensi, gula akan menumpuk di pembuluh darah.

3.Aktif Bergerak. Buatlah jadwal rutin berolahraga setiap minggu. Sesuaikan saja dengan minat dan keadaan. Selain itu, biasakan banyak jalan di sela-sela rutinitas kita.

4. Cukup Tidur. Sebuah penelitian menunjukkan, kelompok orang yang sehari- hari tidur kurang dari enam jam mempunyai risiko diabetes dua kali lebih besar. Sementara yang tidur lebih dari delapan jam per hari (tetapi diselingi gangguan sleep apnea) risikonya tiga kali lebih besar. “Sistem saraf jadi terus terjaga dan ini memengaruhi kinerja hormon yang mengendalikan kadar gula darah.

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags: