Advertisement

DAGING
Sebagai bahan makanan berasal dari ternak besar (sapi dan kerbau), ternak kecil (kambing, domba, babi), unggas (ayam, itik, dan merpati), dan binatang buruan (rusa, babi hutan, dan burung). Daging terutama terdiri atas serat otot. Namun dalam pengelompokan jenis makanan, kadang-kadang lemak, jeroan, dan bagian lain binatang (seperti kulit dan tulang rawan) juga dianggap sebagai daging.

Nilai Gizi. Kebanyakan ahli gizi berpendapat bahwa daging penting untuk diet yang berimbang, karena daging menyajikan protein, vitamin, mineral, dan lemak yang diperlukan untuk kesehatan dan pertumbuhan badan. Daging mengandung asam amino esensial.

Advertisement

Vitamin yang terutama dikandung daging adalah B kompleks, A, dan C. Mineralnya adalah besi. Bila umur sapi lebih dari 14 minggu, dagingnya disebut calf. Beef adalah daging sapi dewasa, umumnva berumur 1—2 tahun. Lamb adalah daging domba muda. Mutton berasal dari domba yang berumur lebih dari satu tahun. Pork adalah daging babi, umumnya berumur 4—7 bulan. Dari daging babi ini dibuat bacon dan ham. Orang Barat menggolongkan otak, lidah, dan jeroan ternak sebagai variety meat. Di Indonesia dikenal beberapa istilah daging menurut bagian tubuh. Misalnya has luar, has dalam, dll.

Karena penilaian yang salah, sering daging kerbau diakukan sebagai daging sapi. Daging kerbau mempunyai serat yang lebih kasar dan lemaknya lebih mudah membeku. Nilainya sebagai makanan tidak kalah dari daging sapi. Beberapa ahli malahan menyatakan beberapa keunggulan daging kerbau. Daging kerbau umumnya dianggap lebih rendah nilainya karena orang tidak menernakkan kerbau potong, sehingga daging kerbau umumnya berasal dari kerbau tua yang sudah tidak digunakan untuk membajak sawah atau menarik pedati.

Orang membeli daging sebagai daging segar, daging beku, daging kalengan, daging asap, serta dendeng, sosis, dan daging berbumbu lain. Daging segar dijual menurut kualitas. Yang terendah kualitasnya sering dijual sebagai daging giling. Tulang yang masih ditempeli daging juga dijual dengan harga yang relatif murah, kecuali ekor dan iga yang dinilai tinggi.

Daging dimasak dalam beberapa cara, seperti direbus, digoreng, dan dipanggang. Orang Barat mem- perbedakan penggorengan dan pemanggangan daging menjadi broiling (panggang langsung), panbroiling (panggang dengan wajan), roasting (panggang dalam wadah dalam oven), pan-frying (goreng), dan deep-fat-frying (dibenamkan dalam minyak panas).

Daging yang alot dapat dijual sebagai daging giling atau dibubuhi enzim pelembut seperti papaina (dari getah papaya) dan enzim serupa dari nanas atau buah ara (fig) sebelum dimasak. Kadang-kadang satai dibungkus dengan daun papaya selama sejam sebelum dipanggang, agar dagingnya lunak. Namun ada yang mengatakan bahwa gurihnya berkurang bila diperlakukan demikian.

Di Indonesia dan di negeri yang mayoritas penduduknya bergama Islam, hewan potong disembelih menurut ketentuan agama Islam. Hewan itu dipotong nadi lehernya dalam keadaan sadar dan terikat. Di negeri Barat hewan dipingsankan dulu sebelum disembelih. Untuk ternak besar digunakan mesin pemukul. Anak sapi, domba, dan babi dipingsankan dengan kejutan listrik. Kadang-kadang babi digas agar pingsan.

Setelah dikuliti dan jeroan diambil, badan hewan itu dicuci kemudian digantung dalam kamar dingin (2°C) selama 12—24 jam. Ternak besar umumnya di- kelah dulu badannya. Setelah itu badan hewan itudipotong-potong untuk dipasarkan.
Dengan alasan kepercayaan, pertimbangan gizi, etika, maupun ekonomi, ada orang yang tidak memakan daging dan disebut vegetarian. Vegetarianisme terbagi dalam beberapa tingkat, yakni sama sekali tidak memakan apa saja yang berasal dari binatang (sekaligus tidak membunuh binatang); tidak memakan daging tetapi masih memakan telur dan minum susu; tidak memakan daging binatang menyusui, tetapi makan telur dan ikan serta minum susu.
Lihat juga ASAM AMINO; ATEROSKLEROSIS; RUMAH POTONG; SOSIS; VEGETARIANISME.

Incoming search terms:

  • daging menurut para ahli
  • definisi peternakan menurut para ahli
  • istilah untuk daging kerbau
  • pengertian peternakan mutton
  • perbedaan beef dan mutton

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • daging menurut para ahli
  • definisi peternakan menurut para ahli
  • istilah untuk daging kerbau
  • pengertian peternakan mutton
  • perbedaan beef dan mutton