Advertisement

TIPS MEMNUAT KEMBANG GULA – Atau permen, terbuat dari gula. Oleh karena itu permen termasuk dalam kelompok makanan berkalori tinggi. Karena kadar gulanya yang tinggi itu, permen dapat menyebabkan gigi berlubang.

Terdapat lebih dari 2.000 jenis permen. Umumnya bahan dasarnya adalah gula, air, dan sirop fruktosa. Di samping sukrosa, sebagi gula dapat digunakan dektrosa, maltosa, atau gula inversi (campuran 1:1 glukosa dan fruktosa). Sirop fruktosa di samping memang ma­nis, mempunyai peran penting sebagai pengendali pengkristalan gulanya.

Advertisement

Sebagai bahan tambahan dapat digunakan susu, krim, mentega, cokelat, putih telur, gelatin dan bahan lain mirip gelatin. Sebagai zat citarasa dapat diguna­kan minyak pepermin, minyak sinamon, minyak cengkeh, ekstrak jeruk manis, jeruk limau, amandel, vanili, dan kayu manis. Buah dan kacang-kacangan dapat ditambahkan. Yang paling umum ditambahkan adalah kacang tanah, biji kenari, dan biji mete.

Tekstur permen sangat ditentukan oleh lamanya campuran bahan dididihkan, suhu pendinginan, dan cara penanganan setelah pendinginan. Bila campuran gula dipanaskan, ada beberapa tahap yang khas: 116°C tahap bola-lunak; 132°C tahap bola-keras; 150 – 155°C kertakan-keras. Bila permen mengandung susu atau produk susu, demikian pula mengandun bahan yang tidak tahan panas seperti agar, pemanasa campuran dilakukan di bawah 116°C. Sebaliknya un tuk membuat permen jenis karamel, toffee, dan diperlukan pemanasan lebih dari !55°C. Penganan yang sehubungan dengan permen, de ngan bahan dasar gula dan kacang tanah, banyak ra” gamnya di Indonesia, misalnya gula kacang dan enting-enting.

Incoming search terms:

  • pengertian kemabng gula

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kemabng gula